PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN INJECTOR TESTER DAN ULTRASONIC CLEANER CNC-601A PADA MATA KULIAH PRAKTIK MOTOR BENSIN PROGRAM STUDI S-1 PENDIDIKAN TEKNIK MESIN

  • Wahyu Nur Faridah SI Pendidikan Teknik Mesin – Universitas Negeri Surabaya
  • Warju warju Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Key words, Module, injector tester and ultrasonic cleaner CNC-601A, gasoline engine practice, module validation, and response questionnaire.

Abstract

ABSTRAK

Praktik Motor Bensin adalah salah satu mata kuliah wajib tempuh bagi mahasiswa Prodi S-1 Pendidikan Teknik Mesin Otomotif FT UNESA. Mata kuliah yang berbobot 3 sks ini memiliki kompetensi dasar mahasiswa dapat melakukan tune up, bongkar pasang mesin, teknik pengukuran, dan mengetahui cara kerja komponen-kompenen motor bensin. Oleh karena itu, mahasiswa dituntut untuk memahami semua komponen yang ada dalam motor bensin. Namun pada kenyataannya, sebagian besar mahasiswa mendapat nilai di bawah 85 untuk Mata Kuliah Praktik Motor Bensin. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar mahasiswa pada Mata Kuliah Praktik Motor Bensin perlu dilakukan restrukturisasi Proses Belajar Mengajar (PBM), salah satunya adalah dengan penerapan modul, khususnya modul injector tester dan ultrasonic cleaner CNC-601A. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul pada Mata Kuliah Praktik Motor Bensin di Jurusan Teknik Mesin.

 

Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Prodi S-1 Pendidikan Teknik Mesin Otomotif FT UNESA yang memprogram Mata Kuliah Praktik Motor Bensin pada semester gasal tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah 28 mahasiswa. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (development research) menggunakan model pengembangan Peter Fenrich yang terdiri dari 5 fase yaitu: (1) fase analisis, (2) fase perencanaan, (3) fase desain, (4) fase pengembangan, dan (5) fase penerapan. Instrumen penelitian berupa lembar validasi modul, lembar angket respon dosen, dan lembar angket respon mahasiswa. Setelah divalidasi dilakukan uji coba 1 dan 2 pada modul terdiri atas 28 orang mahasiswa. Analisis dengan menggunakan metode deskriptif.

 

Hasil validasi dari tiga dosen ahli teknik, tiga dosen ahli bahasa, dan tiga dosen ahli desain mendapat nilai rata-rata komponen pada validasi tahap 1 sebesar 3,89 dengan kategori cukup valid dan pada validasi tahap 2 sebesar 4,31 dengan kategori valid. Sedangkan hasil angket respon dosen terhadap modul injector tester dan ultrasonic cleaner CNC-601A dinyatakan sangat baik dengan persentase di atas 80% dan respon mahasiswa terhadap modul injector tester dan ultrasonic cleaner CNC-601A juga dinyatakan sangat baik pada uji coba 1 maupun uji coba 2 dengan persentase di atas 80%.

 

 

Kata kunci: Modul, injector tester dan ultrasonic cleaner CNC-601, praktek motor bensin, validasi modul, dan angket respon.

ABSTRACT

Gasoline engine practice is one of the compulsory course for the students of automotive engineering education study program for bachelor degree at Engineering faculty of UNESA. This three-credit course has basic competence. It is to make the students be able to do tune up,engineering disassembly,masuring technique and knowing the working of gasoline engine working. Therefore, the students are asked to understand the entire element in the gasoline engine. Unfortunately, most of the students get the score below 85 for the gasoline engine practice course. Therefore the re-planning of teaching and learning process is needed to improve the quality of the process and students study result in the gasoline engine practice course. One of them is by using module, especially injector tester and ultrasonic cleaner CNC-601A module. The research aims to develop the module for gasoline engine practice course at engineering department.

The subjects of this research are the students of automotive engineering education study program for bachelor degree at engineering faculty of UNESA who take the gasoline engine course at the odd semester in the academic yaer of 2013/2014. There are 28 students. This research is the development research by using Peter Fenrich development . It consists of 5 steps. There are (1) analisys, (2) planning, (3) design, (4) developing, and (5) application. The instruments used are module validation sheet, lecturer’s responses questionnaire, and students response questionnaire. After being validated, the trials used are trial 1 and trial 2 for the 28 students. The data is analyzed by using descriptive method.

The validation from three engineering lectures, three language lecturers, and three designer shows that the average score of the validation element in the first step is 3.89. It is the valid enough category. It becomes 4.31 in the second step. It is in the valid category. The result of the lecturer’s response questionnaire for the injector tester and ultrasonic cleaner CNC-601A is stated as very good. The percentage is more than 80%. The students response for the injector tester and ultrasonic cleaner CNC-601A is also stated as very good either in the first trial or second trial. It is more than 80%.

 

 

Key words : Module, injector tester and ultrasonic cleaner CNC-601A, gasoline engine practice, module validation, and response questionnaire.

Published
2014-05-13
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 80