PENGARUH KELAYAKAN BENGKEL LAS DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MULOK LAS TERHADAP KESIAPAN KERJA SEBAGAI WELDER SISWA X TPm 2 SMKN 2 SURABAYA

  • SAMSUL ANAM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelayakan bengkel las dan prestasi belajar mata pelajaran mulok las secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja sebagai welder siswa X TPm 2 SMKN 2 Surabaya.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian ex post facto, dan bila dilihat dari tingkat ekplanasi termasuk jenis penelitian asosiatif. Data yang diperoleh dari penelitian ini berupa data interval. Variabel dalam penelitian ini adalah Kelayakan Bengkel Las (X1), Prestasi Belajar Mata Pelajaran Mulok Las (X2) sebagai Independent Variable serta Kesiapan Kerja Sebagai Welder Siswa X TPm 2 SMKN 2 Surabaya (Y) sebagai Dependent Variable. Teknik pengambilan data melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan teknik analisis korelasi product moment, analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda dengan dua prediktor.

Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan tingkat signifikansi (α) sebesar 0,05 dengan dk = n - 2 = 30, menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Kelayakan Bengkel Las terhadap Kesiapan Kerja  sebagai Welder Siswa X TPm 2 SMKN 2 Surabaya, dengan kontribusi 33,64% dan sisanya dipengaruhi variabel lain, 2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Mulok Las terhadap Kesiapan Kerja sebagai Welder Siswa X TPm 2 SMKN 2 Surabaya, dengan kontribusi 29,16% dan sisanya dipengaruhi variabel lain, 3) Fhitung lebih besar daripada Ftabel atau (9,61 > 3,225) yang berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan Kelayakan Bengkel Las dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Mulok Las terhadap Kesiapan Kerja sebagai Welder Siswa X TPm 2 SMKN 2 Surabaya.

Kata kunci               : Kelayakan Bengkel Las, Prestasi Belajar Mata Pelajaran Mulok Las, Kesiapan Kerja  sebagai welder.

Published
2014-05-19
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 71