KETERKAITAN PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR KELAS X TPm PADA MATA PELAJARAN DASAR KOMPETENSI KEJURUAN DI SMK SEMEN GRESIK

  • MUHAMMAD Ainul AINUL HUDA S1 Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Keywords, Internet, Learning Resources, Learning Achievement.

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi dengan masih banyaknya seorang guru yang masih menggunakan cara
tradisional atau konvensional dalam kegitan pembelajaran. Padahal perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi pada saat ini berkembang begitu pesat. Oleh sebab itu, dalam dunia pendidikan harus
memanfaatkan kecanggihan dunia teknologi. Salah satunya adalah pemanfaatan internet sebagai sumber
belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya keterkaitan pemanfaatan internet sebagai
sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa serta untuk mengetahui respon siswa terhadap pemanfaatan
internet sebagai sumber belajar.
Penelitian ini adalah merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan didukung data kuantitatif.
Populasi dalam sampel ini adalah seluruh siswa SMK Semen Gresik, sedangkan sampelnya adalah siswa
kelas X TPm 2. Penelitian ini dilakukan di SMK Semen Gresik pada semester Gasal tahun ajaran
2012/2013. Teknik pengumpulan data berupa angket siswa, observasi, serta hasil tes siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan prestasi belajar siswa selama kegiatan
pembelajaran dengan menggunakan internet sebagai sumber belajar. Pada saat sebelum penerapan
diketahui ketuntasan klasikal belajar siswa sebesar 34%. Sedangkan setelah penggunaan pemanfaatan
internet sebagai sumber belajar diketahui ketuntasan klasikal sebesar 90%. Sedangkan respon siswa
dalam pembelajaran ini adalah dapat dikategorikan baik ..
Kata kunci: Internet, Sumber Belajar, Prestasi Belajar
ABSTRACT
This research backgrounded with still many teachers who still use the traditional or conventional way in
the activity of learning. Though the development of science and technology are developing at such a
rapid. Therefore, in the education sector should take advantage of the sophistication of the technology
world. One is the use of the Internet as a learning resource. The purpose of this study is to investigate the
use of the Internet as a source of linkage learning on student achievement and to determine the students'
response to the use of the Internet as a learning resource.
This research is a qualitative descriptive research supported by quantitative data. The population in this
sample are all students of SMK Semen Gresik, while the sample is a student of class X TPm 2. The
research was conducted in SMK Semen Gresik at odd semester in the academic year 2012/2013. Data
collection techniques in the form of student questionnaires, observations and student test results.
The results showed that there was an increase in student achievement during the learning activities using
the Internet as a learning resource. At the time before the application is known classical completeness
students by 34%. Meanwhile, after the use of the Internet as a learning resource utilization known
classical completeness by 90%. While the response of the students in this study were categorized either.
Keywords: Internet, Learning Resources, Learning Achievement.
Published
2013-01-11
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 10