PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA MATA DIKLAT MENGGUNAKAN ALAT UKUR DASARKELAS X TPM SMK TRIYASA SURABAYA

  • ADE SURYONO

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI), (2) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, (3) Mengetahui respon siswa dalam mata diklat menggunakan alat ukur dasar kelas XTPM di SMK TRIYASA Surabaya.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas. Penelitian menggunakan dua siklus, dalam setiap siklus meliputi tahap persiapan, observasi, implementasi tindakan, dan refleksi. Tempat penelitian di jurusan teknik mesin, SMK TRIYASA Surabaya. Objek penelitian ini berupa hasil belajar siswa khususnya dalam mata diklat menggunakan alat ukur dasar. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dilakukan melalui angket dan lembar observasi. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisis deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pengajar dalam menyiapkan RPP dan Skenario siklus I dan siklus II mencapai hasil rata-rata 78% tergolong baik, kemampuan pengajar dalam menerapkan RPP dan Skenario siklus I dan siklus II mencapai hasil rata-rata 76% tergolong kriteria baik, aktivitas siswa siklus I dan siklus II mencapai hasil rata-rata 76% tergolong kriteria baik, dan respon siswa mencapai 79,4% tergolong kriteria baik , sedangkan hasil belajar siswa sebelum dilakukan penerapan metode jumlah siswa 30 siswa, jumlah siswa yang tuntas sebanyak 18 siswa dengan persentase 70%. Setelah dilakukan penerapan hasil penelitian pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 22 siswa dengan persentase 75,1% dan hasil penelitian pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 25 siswa dengan persentase 77,8%.Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif TAI, Hasil belajar, Aktivitas siswa

Published
2014-06-18
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 27