HUBUNGAN MOTIVASI DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA DIKLAT SISTEM KOPLING SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 3 SURABAYA

  • RIZAL FACTURRAHMAN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi dengan prestasi belajar siswa Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan analisa inferensial, dengan maksud untuk mencari hubungan antara variabel independen (X), yaitu motivasi dengan variabel dependen (Y), yaitu prestasi belajar. Hasil instrumen soal tes menunjukkan rata-rata nilai 81,4 yang berarti baik sekali. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa Ha diterima dan Ho ditolak sehingga terdapat hubungan antara motivasi intrinsik dan ekstrinsik dengan prestasi belajar. Hasil analisis statistik menyimpulkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi intrinsik dengan prestasi belajar siswa dengan nilai (rxy = 0,950 ≥ r tabel = 0,444 p ≥ 0,05). Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi ekstrinsik dengan prestasi belajar siswa dengan nilai (rxy = 0,951 ≥ r tabel = 0,444 p ≥ 0,05). Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi intrinsik dan ekstrinsik dengan prestasi belajar siswa dengan nilai (rxy = 0,997 ≥ r tabel = 0,444 p ≥ 0,05). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi dengan prestasi belajar siswa pada mata diklat sistem kopling siswa kelas XI di SMK Negeri 3 Surabaya. Hal ini berarti kedua motivasi, yaitu intrinsik dan ekstrinsik saling berhubungan untuk memberikan dorongan kepada siswa untuk belajar lebih giat sehingga siswa berprestasi. 

Kata kunci: Hubungan, Motivasi, Prestasi Belajar. 

Published
2014-06-18
Abstract Views: 51
PDF Downloads: 59