Perbandingan Model Pembelajaran Langsung Dan Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran K3 Di SMK Muhammadiyah 2 Taman

  • MUHAMAD AJI KASMORO

Abstract

Pendidikan memiliki peranan yang sangat penting untuk meningkatkan sumberdaya manusia, karena kemajuan suatu Negara dapat dilihat dari tingkat sumber daya manusianya. Untuk mengoptimalkan proses pembelajaran peneliti menggunakan model pembelajaran pemecahan masalah (problem Solving) dengan harapan penerapan model pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan berpikir kreatif dalam memecahkan masalah. Siswa yang dijadikan obyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKR 1 di SMK Muhammadiyah 2 Taman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), setiap siklus mempunyai tahapannya itu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar pengelolaan pembelajaran, angket prestasi siswa, dan lembar soal test tiap siklusnya. Hasil belajar siswa dapat mencapai ketuntasan dalam belajar pada setiap tujuan pembelajaran. Tempat penelitian adalah SMK Muhammadiyah 2 Taman.berada di Jalan Sawunggaling No. 121 Jemundo, Taman Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan pada semester gasal tahun 2013/2014.Sasaran penelitian ini adalah siswa SMK Muhammadiyah 2 Taman kelas X TKR1 Jurusan Mekanik Otomotif tahun ajaran 2013/2014. Hasil analisis menunjukan bahwa aktivitas siswa selama proses pembelajaran mencapai 80,80%, sedangkan hasil pengamatan aktivitas siswadalampembelajaran mencapai 78%. Sedangkan meningkatnya prestasi belajar menggunakan problem solving mencapai 85%.Dan hasil belajar selama proses pembelajaran pada putaran I mencapai 55%, sedangkan pada hasil belajar pada putaran II mencapai 85%. 

Kata Kunci: Perbandingan Metode Langsung Dan Problem Solving, Prestasi Belajar Siswa. 

Published
2014-06-18
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 23