Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Teknik Pemesinan Di SMK Antartika 1 Sidoarjo

  • WISNU WIBOWO PRANOMO

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa kelas X Teknik pemesinan SMK Antartika 1 Sidoarjo. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TPM dengan populasi 240 dan jumlah sampel 144 dengan menggunakan teknik random sampling untuk pengambilan sampel. Instrumen yang digunakan berupa angket dengan indikator instrumen yaitu cita – cita , kemampuan siswa, kondisi siswa, kondisi lingkungan , unsur – unsur dinamis dalam belajar , upaya guru dalam meningkatkan pembelajaran. jenis penelitian ini bersifat expost facto dekspritif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan motivasi belajarnya adalah 73.75% dengan kontribusi tiap indicator cita – cita 82.36%, kemampuan siswa 74.34%, kondisi siswa 81.25%, unsur – unsur dinamis dalam belajar 68.02%, upaya guru dalam pengajaran 74.31% .Terdapat hubungan yang kuat antara motivasi belajar dan prestasi belajar kelas X TPM di SMK antartika 1 Sidoarjo dengan koefisiensi 0.908.  

Kata kunci: prestasi belajar, motivasi belaja

Published
2014-06-18
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 51