PENGEMBANGAN MODUL SISTEM PENERANGAN MOBIL MATA KULIAH PRAKTIKUM KELISTRIKAN OTOMOTIF UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BELAJAR DI JURUSAN TEKNIK MESIN FT-UNESA

  • FANDI ACHMAD S1 Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Keywords, Development, Module, Feasibility, Effectiveness, Car Lighting Sytem

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah modul yang layak digunakan pada pembelajaran Parktikum Kelistrikan Otomotif di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya. Dalam mengembangkan modul diperlukan prosedur tertentu yang sesuai dengan sasaran yang ingin dicapai, struktur isi pembelajaran yang jelas, dan memenuhi kriteria yang berlaku bagi pengembangan pembelajaran.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Metode penelitian yang digunakan yaitu pengembangan Dick and Carrey dengan analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya. Dalam penelitian ini yang bertindak sebagai responden adalah 2 dosen/pengajar ahli desain, 2 dosen/pengajar ahli isi , 2 dosen/pengajar ahli bahasa dan mahasiswa Program Studi D3 Teknik Mesin Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya Angkatan 2010 tahun ajaran 2012/2013. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi : lembar angket dan lembar observasi. Analisis data dilakukan untuk mengetahui tingkat kelayakan dan efektivitas modul Sistem Penerangan Mobil yang dihasilkan.
Berdasarkan hasil penelitian, ditunjukkan bahwa modul Sistem Penerangan Mobil yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran mata kuliah Praktikum Kelistrikan Otomotif. Hal ini dapat dilihat dari hasil validasi modul oleh dosen/pengajar ahli desain, isi,dan bahasa sebesar 83,594% dari skor kriterium. Modul Sistem Penerangan Mobil yang dikembangkan juga telah memenuhi kriteria efektivitas media pembelajaran. Hal ini ditunjukkan dengan prosentase penilaian mahasiswa terhadap modul sebesar 86,66.% dari skor kriterium, serta terdapat peningkatan aktivitas belajar mahasiswa yang dinyatakan dalam prosentase, dari 83,809.% (kegiatan belajar tanpa menggunakan modul Sistem Penerangan Mobil yang dikembangkan) menjadi 93,334.% (kegiatan belajar menggunakan modul Sistem Penerangan Mobil yang dikembangkan).
Kata kunci : Pengembangan, Modul, Kelayakan, Efektivitas, Sistem Penerangan Mobil
Abstract
This research aims to development a decent module used in teaching practicum in the Department of Education Automotive Electrical Mechanical Engineering Faculty of Engineering, State University of Surabaya. In development the module required procedure in accordance with the objectives to be achieved, a structure of the learning content, and the criteria that apply to the development of learning.
This type of research is a development research. The research method used is the development of Dick and Carrey with quantitative descriptive analysis. The study was conducted in the Department of Mechanical Engineering Education State University of Surabaya. In this study, the respondents were 2 lecturers / teachers design expert, 2 lecturers / tutors content expert, 2 lecturers / teachers and students linguists D3 Studies Program Faculty of Mechanical Engineering Automotive Engineering State University of Surabaya Force 2010 the academic year 2012/2013. The research instrument used to collect data include: sheet questionnaires and observation sheets. Data analysis was performed to determine the feasibility and effectiveness of Information Systems Car module produced.
Based on this research, it was shown that Car Lighting System module developed viable use in teaching courses in Automotive Electrical Practicum. It can be seen from the results of the validation modules by lecturers / tutors expert design, content, and language of 83.594% of the score criterion. Car Lighting System Modules have also been developed to meet the criteria of the effectiveness of instructional media. This is indicated by the percentage of student assessment for the module at 86.66.% Of the score criterion, and there is an increase in student learning activities are expressed in percentage, from 83.809.% (Without using the developed Car Lighting System learning module) to 93.334.% (learning activities using the developed Car Lighting System learning module).
Keywords : Development, Module, Feasibility, Effectiveness, Car Lighting Sytem
Published
2013-01-22
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 33