ANALISIS KELAYAKAN STANDARD PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN, STANDARD PENILAIAN DAN STANDARD KOMPETENSI LULUSAN MENGACU PADA STANDARD NASIONAL PENDIDIKAN DI SMK NEGERI SE-KOTA MADYA SURABAYA

  • DESY ANISA

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan standard pendidik dan tenaga kependidikan, standard penilaian dan standard kompetensi lulusan di SMK Negeri Se-Kota Madya Surabaya Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SMK Negeri Se-Kota Madya Surabaya yang terdiri dari 12 SMK Negeri. Penelitian ini menggunakan purposive sampling yakni dengan memilih sampel berdasarkan latar belakang program studi peneliti dan cluster sampling untuk pengambilan sampel berdasarkan daerah populasi yang telah ditetapkan. Sebagai sampel adalah SMKN 3, SMKN 5, dan SMKN 7 Surabaya. Teknik analisis data menggunakan perhitungan berupa skoring sesuai dengan petunjuk teknis pada instrumen BAN S/M dan menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pemenuhan SNP di SMKN se-kota madya Surabaya masih terdapat komponen standard yang belum dipenuhi oleh lembaga sekolah. Dengan itu masing-masing sekolah mendapat nilai komponen skala ratusan dan peringkat akreditasi standard pendidik dan tenaga kependidikan SMKN 3 Surabaya diperoleh kriteria cukup layak dengan skor 65 (C) untuk TPM dan skor 67 (C) untuk TKR , standard penilaian diperoleh kriteria layak dengan skor 80 (B), standar kompetensi lulusan diperoleh kriteria cukup layak dengan skor 68 (C). Hasil dari SMKN 5 Surabaya untuk standard pendidik dan tenaga kependidikan diperoleh kriteria sangat layak dengan skor 90 (A) untuk TPM, skor 89 (A) untuk TKR, standard penilaian diperoleh kriteria sangat layak dengan skor 96 (A) untuk TPM, skor 95 (A) untuk TKR, standar kompetensi lulusan diperoleh kriteria sangat layak dengan skor 96 (A). Hasil dari SMKN 7 Surabaya untuk standard pendidik dan tenaga kependidikan diperoleh kriteria layak dengan skor 82 (B), standard penilaian diperoleh kriteria sangat layak dengan skor 95 (A), standar kompetensi lulusan diperoleh kriteria sangat layak dengan skor 96 (A).
Kata kunci: Standard pendidik dan tenaga kependidikan, standard penilaian, standard kompetensi lulusan

Published
2014-10-24
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 35