PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH CS5 PADA MATADIKLAT GAMBAR TEKNIK DI KELAS X TPM SMK KRIAN 1 SIDOARJO

  • DAVIK NEO PALELUPU

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis adobe flash CS5 pada mata diklat gambar teknik dengan melalui tahapan prosedur pengembangan dan dengan melalui validasi ahli media pembelajaran, untuk mengetahui apakah dengan penerapan media pembelajaran yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran yang telah dikembangkan dan untuk mengetahui hambatan-hambatan dalam pengembangan media pembelajaran.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan menurut Luther (Sutopo, 2003: 32) yang terdiri dari enam tahap, yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Tetapi pada prosedur pengembangan ini, tahap distribution tidak dilakukan karena keterbatasan yang dimiliki oleh peneliti. Media pembelajaran dilakukan validasi oleh 3 ahli materi dan 3 ahli media dari SMK Krian 1 Sidoarjo. Penerapan media pembelajaran dilakukan di kelas X TPm 3 SMK Krian 1 Sidoarjo untuk mengetahui hasil belajar siswa dan respon siswa terhadap media pembelajaran. Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah angket validasi oleh ahli materi dan ahli media, angket respon siswa dan tes hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran, respon siswa dan hasil belajar siswa.

Hasil dari penelitian ini adalah telah menghasilkan media pembelajaran pada mata diklat gambar teknik dengan melalui 5 tahap prosedur pengembangan, yaitu concept, design, material collecting, assembly dan testing. Hasil validasi media pembelajaran oleh ahli materi sebesar 83,82% yang tergolong kriteria sangat layak, ahli media sebesar 86,85% yang tergolong kriteria sangat layak. Hasil pretest memperoleh nilai rata-rata 35,6 dan seluruh siswa tidak tuntas, sedangkan posttest memperoleh nilai rata-rata 83,4, ketuntasan klasikal 92,1% dengan 35 siswa tuntas dan 3 siswa tidak tuntas. Respon siswa terhadap media pembelajaran mendapatkan respon yang baik dengan persentase 77% yang tergolong kriteria sangat menarik. Hambatan dalam penelitian ini adalah, (1) Sebagian gambar animasi tidak sepenuhnya dapat dipahami oleh siswa dan membingungkan siswa, sehingga diperlukan penjelasan dengan bantuan media yang bersifat nyata, dan (2) Pemberian tes hasil belajar siswa tidak dilakukan secara langsung menggunakan menu evaluasi pada media pembelajaran, karena pembelajaran tidak dilakukan di ruang lab komputer sehingga tes dilakukan dengan pemberian lembar cetak soal kepada masing-masing siswa.

Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Adobe Flash CS5, Gambar Teknik

Published
2014-11-07
Abstract Views: 50
PDF Downloads: 57