PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X DI SMKN 1 DRIYOREJO
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptm.v12n1.p59-61Kata Kunci:
media, pembelajaran, motivasi, belajarAbstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh penggunaan media pembelajaran powerpoint terhadap motivasi belajar pada siswa kelas X program keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMKN 1 DRIYOREJO. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional stratified random sampling dengan jumlah sampel 51 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen yang terdiri dari uji validitas dan reliabilitas, serta pengujian hipotesis yang terdiri dari analisis regresi linier sederhana, analisis korelasi peson product moment, koefisien determinasi, dan uji-t dengan bantuan SPSS 25 for windows. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan diperoleh model persamaan regresi linier sederhana Y=28,167+0,461X yang artinya penggunaan media pembelajaran powerpoint berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa, dimana setiap penambahan dari 1 nilai penggunaan media pembelajaran powerpoint, maka nilai motivasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 0,461. Dari hasil analisis korelasi product moment (r) diperoleh nilai r = 0,579 yang berada pada interval 0,40-0,599 memiliki hubungan sedang antara penggunaan media pembelajaran powerpoint terhadap motivasi belajar siswa. Dari hasil analisis koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai R2 = 33,5% yang artinya penggunaan media pembelajaran powerpoint memberikan kontribusi terhadap motivasi belajar siswa sebesar 33,5 persen sedangkan sisanya sebesar 66,5 persen dipengaruhi oleh faktor lain. Sedangkan hasil analisis uji-t diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya penggunaan media pembelajaran powerpoint berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa, dengan demikian hipotesis diterima.
Unduhan
Referensi
1. Rusman, dkk. 2015. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
2. Sanaky, Hujair AH. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba.
3. Sardiman. 2018. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
4. Uno, Hamzah B., 2017. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
5. Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian

