PENGARUH PENGENALAN LINGKUNGAN PERSEKOLAHAN (PLP), INTERNAL LOCUS OF CONTROL, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MENJADI GURU MAHASISWA S1 PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
PENGARUH PENGENALAN LINGKUNGAN PERSEKOLAHAN (PLP), INTERNAL LOCUS OF CONTROL, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MENJADI GURU MAHASISWA S1 PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
Kata Kunci:
Internal Locus of Control, Lingkungan Keluarga, Pengenalan Lingkungan PersekolahanAbstrak
Abstrak
Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak pengenalan lingkungan sekolah, lokasi kontrol internal, dan lingkungan keluarga terhadap keinginan untuk menjadi tenaga pendidik di Universitas Negeri Surabaya. Riset ini dilakukan melalui metode kuantitatif di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya. 93 mahasiswa di jurusan pendidikan teknik mesin fakultas teknik Universitas Negeri Surabaya termasuk dalam sampel riset ini. Studi ini menemukan bahwa (1) adanya dampak baik secara parsial antara program pengenalan lingkungan persekolahan dan keinginan tenaga pendidik, (2) adanya dampak baik secara parsial antara ruang kontrol internal dan keinginan tenaga pendidik, (3) adanya dampak baik secara parsial antara keinginan tenaga pendidik dan lingkungan keluarga, dan (4) adanya dampak baik secara bersamaan atau simultan antara program pengenalan lingkungan persekolahan dan lingkungan keluarga.
.
Kata Kunci: Internal Locus of Control, Lingkungan Keluarga, Pengenalan Pingkungan Persekolahan.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
