PENERAPAN MEDIA DIGITAL SIMULATOR LEARNING (DSL) DI SMK MUHAMADIYAH 2 TAMAN
Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Digital Simulator Learning, Hasil BelajarAbstrak
Abstrak
Studi ini bertujuan untuk menganalisis penerapan media Digital Simulator Learning terhadap capaian akademik dan respon peserta didik. media pembelajaran UDSL (Unesa Digital Simulator Learning) adalah salah satu opsi dari berbagai media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran, Media pembelajaran mampu mempengaruhi performa sekaligus hasil belajar peserta didik seiring perkembangan teknologi media pembelajaran mulai bergeser kearah digital, media digital simulator memiliki potensi dalam meningkatkan pengelaman belajar peserta didik. Salah satu Jenis penelitian yang diadopsi adalah pre-ekperimental desain. Menggunakan populasi dan sample siswa kelas X TSM SMK Muhamadiyah 2 Taman. Pengmpulandata berupa uji tertulis, observasi dan dokumentasi. Uji tertulis pada penelitian ini menggunakan 25 butir soal pilihan ganda yang telah melalui proses validasi dari beberapa ahli. Analisis data yang dilakukan berupa uji parametrik, uji normalitas dan sample t-tes mengunakan SPSS tipe 25. Berdasarkan hasil yang yang diperoleh dari penelitian ini terjadi peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik setelah dilakukan treatment, dimana hasil uji t-tes mendapat nilai sigma 2 tiled sebesar 0,000. Maka dari itu ditarik kesimpulan bahwa Ho ditolak Dan H1diterima.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Digital Simulator Learning Hasil Belajar.
Unduhan
Referensi
1)Ahdar Djamaluddin, Wardana. 2019. 162 New Scientist BELAJAR DAN PEMBELAJARAN 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis.
2) Aprijal, Alfian, and Syarifudin. 2020. “319235-Pengaruh-Minat-Belajar-Siswa
Terhadap-Ha-F39D0B71.” Mitra PGMI 6(1): 76–91. https://media.neliti.com/media/publications/319235-pengaruh-minat-belajar-siswa-terhadap-ha-f39d0b71.pdf.
3) Arikunto, Suharsimi. 2008. “Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2006, Cet. 6. Unpublished Thesis.SPEAKINGHughes, D., & Hitchcock, G. (2008).” : 6–15. http://www.psychologicalscience.org/observer/getarticle.cfm?id=1595.
4) Eva, Rr. Pramesti Vidya Bhakti, M. Syarif Sumantri, and Murni Winarsih. 2020. “Media Pembelajaran Abad 21: Komik Digital Untuk Siswa Sekolah Dasar.” JPD: Jurnal Pendidikan Dasar: 1–7.
5) Fatkhiyah Hardiyanti, Dr.Fajar Arianto, M.Pd. 2016. “Pengembangan Media Simulasi Digital Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Pokok Bayangan
Pada Cermin Kelas VIII Di SMP Negeri 33 Surabaya.” 1(1): 1.
6) Husna, Khamila, and Supriyadi Supriyadi. 2023. “Peranan Manajeman Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” AL-MIKRAJ Jurnal
Studi Islam dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584) 4(1): 981–90. doi:10.37680/almikraj.v4i1.4273.
7) Indonesia Government. 1990. “Government Regulation No. 29 of 1990 on Secondary Education.” Indonesia Government: 1–35.
8) Jannah, Bambang Perastyo dan Lina miftahul. 2016. 3 PT Rajagrafindo Persada Metodologi Penelitian Kuantitatif.
9) Kolopita, Cindy Patikasari, Muhammad Rifai Katili, and Rochmad Mohammad Thohir Yassin. 2022. “Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar.” Inverted: Journal of Information Technology Education 2(1): 1-12. doi:10.37905/inverted.v2i1.13081.
10) Kusuma, W P, F A Yul, and Universitas Dehasen Bengulu Prodi Pendidikan Komputer Corresponding Author. 2024. “Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Simulasi Digital Hasil Belajar Siswa Kelas X Smkn 7 Kota Bengkulu.” Computer and Informatics Education Review-CIER 2024(1): 13–17.
11) Maisaroh, -, and - Rostrieningsih. 2012. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team Pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi Di SMK Negeri 1 Bogor.” Jurnal Ekonomi dan Pendidikan 7(2): 157–72.
doi:10.21831/jep.v7i2.571.
12) Mayung, Ria Assen, Windy Natalia Tandiayu, Zainuddin Untu, and Aniek Widajanti. 2023. “ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL PHET SIMULATION UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK.” Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Tahun 2021 (2020): 105–11.
13) Nurmala Ayu Desy, Tripalupi1 Endah Lulup, and Suharsono Naswan. 2020. “Pengaruh Motivasi Belajar Dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi.” Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha 4(1): 1–10. 7
14) Oktavia, Mirani, Aliffia Teja Prasasty, and Isroyati. 2019. “Uji Normalitas Gain Untuk Pemantapan Dan Modul Dengan One Group Pre and Post Test.” Simposium Nasional Ilmiah dengan tema: (Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah melalui Hasil Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat) (November): 596–601. doi:10.30998/simponi.v0i0.439.
15) Prastika, Yolanda Dwi. 2021. “Hubungan Minat Belajar Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Di Smk Yadika Bandar Lampung.”
Jurnal Ilmiah Matematika Realistik 2(1): 26–32. doi:10.33365/ji-mr.v2i1.772.
16) Rahmat, Riki Fajri, Lativa Mursyida, Fahmi Rizal, Krismadinata Krismadinata, and Yuliawati Yunus. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital.” Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 6(2): 116–26. doi:10.21831/jitp.v6i2.27414.
17) Santina, R O, F Hayati, and R Oktariana. 2021. “Analisis Peran Orangtua Dalam Mengatasi Perilaku Sibling Rivalry Anak Usia Dini.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa … 2(1):1–13. file:///Users/ajc/Downloads/319-File Utama Naskah-423-1-10-20210810.pdf.
18) Simorangkir, Tabita. 2019. “Media Pembelajaran
Abad 21.” : 1.https://lmsspada.kemdikbud.go.id/course/view.php?id=916 (May 13, 2024).
19) Tethool, Godaliva, Wensi Ronald Lesli Paat, and Djafar Wonggo. 2021. “Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smk.” Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1(3): 268–75. doi:10.53682/edutik.v1i3.1546.
20) YASIN, GEIN ANNISA. 2023. “Analisis Respon Siswa Terhadap Kualitas Pembelajaran Matematika Di Kelas Viii Smp Negeri 9 Palopo.”
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian

