PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS III SDN KEBARON I TULANGAN SIDOARJO

  • IMAM FAUZI
  • MASENGUT SUKIDI

Abstract

Abstrak:. Berdasarkan hasil observasi, menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran masih berorientasi pada guru (teacher centered) yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan dominasi metode ceramah. Hal ini mengakibatkan kurang maksimalnya keterampilan menulis karangan narasi yang dimiliki oleh siswa. Tujuan yang ingin dicapai adalah, pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan penggunaan media gambar seri, mendeskripsikan hasil belajar menulis karangan narasi siswa, serta mendeskripsikan kendala yang dihadapi saat berlangsungnya dan cara mengatasinya. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian adalah kelas III SDN Kebaron 1 Tulangan Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis narasi siswa meningkat. Pada siklus I ketuntasan klasikal hasil belajar siswa yang diperoleh sebesar 71,43% dan siklus II sebesar 82,14%. Selain itu, dari hasil penelitian juga menunjukkan pemenuhan pada setiap indikator keberhasilan.

Kata Kunci : Menulis Narasi, Penggunaan Media Seri, Hasil Belajar

Abstract: Based on the observation, indicated that in the learning process was still oriented by teacher (teacher centered) that dominated by speech method. This case was effect to decrease the student’s writing narration skill. The goals that will reach are to describe the implementation of write narration essay learning by applying series image media; describe student writing naration learning result; and describe problems that appeared during the learning takes place and its solutions.The research method that used in this research is CAR (Classroom Activity Research). Data collection technique used observation, student learning result test, and field note. Technical data analysis used descriptive quantitative and qualitative. The subject of research was fifth grade of Kebaron 1 Elementary School of Tulangan Sidoarjo. The result of the research showed that there was an increasing in the student’s writing narration skill with the classical completeness reach 71.43%, and in second cycle was 82,17%. In addition, the result also showed that fulfill the success indicator.

Published
2019-01-07
Section
Articles
Abstract Views: 138
PDF Downloads: 411