EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS V SDN KEBRAON 1436 SURABAYA

  • LISA ROBBIATNA
  • HERU SUBRATA

Abstract

Media kartu bergambar merupakan media gambar yang berbentuk kartu yang berisi gambar dan kosakata sehingga dapat memudahkan siswa dalam merangkai kata menjadi kalimat sehingga menjadi sebuah karangan. Media kartu bergambar dirancang dari suatu penelitian tentang bagaimana siswa dapat belajar dari suatu gambar yang diartikan secara khusus tiap-tiap bagian sehingga dapat dirangkai ke dalam bentuk pemikiran dan penafsiran siswa secara lebih umum. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan kualitas pembelajaran pada keterampilan menulis narasi siswa kelas V SDN Kebraon 1/436 Surabaya dengan menggunakan media kartu bergambar, memaparkan hasil pembelajaran pada keterampilan menulis narasi di kelas V SDN Kebraon 1/436 Surabaya dengan menggunakan media kartu bergambar, mengetahui apakah media kartu bergambar mampu memotivasi siswa kelas V SDN Kebraon 1/436 Surabaya dalam menulis narasi atau tidak, mengetahui apakah media kartu bergambar mampu membuat siswa kelas V SDN Kebraon 1/436 Surabaya menulis narasi sesuai dengan waktu yang telah diberikan atau tidak.

Penelitian ini merupakan menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian one group pretest-posttest design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kebraon 1/436 Surabaya. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VC SDN Kebraon 1/436 Surabaya. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik tes berupa pretest dan posttest, sedangkan teknik non tes berupa observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji hipotesis.

Hasil penelitian menunjukkan rata-rata sebelum perlakuan sebesar 68,12 dan rata-rata sesudah diberi perlakuan sebesar 78,52. Dari perhitungan uji beda rata-rata antara nilai pretest dan posttest menulis argumentasi dapat dilihat jika probabilitas/2 > 0,025 maka Ho diterima. Pada tabel terlihat bahwa signifikansi (2-tailed) adalah 0,000. Dengan demikian, Ha diterima dan Ho ditolak karena 0,000 < 0,025 sehingga dapat disimpulkan bahwa media kartu bergambar efektif digunakan dalam pembelajaran keterampilan menulis narasi siswa kelas V SDN Kebraon 1/436 Surabaya.

Kata kunci: media kartu bergambar, keterampilan menulis narasi
Published
2019-01-22
Section
Articles
Abstract Views: 107
PDF Downloads: 312