Pemanfaatan Kawasan Wisata Pantai Prigi Kabupaten Trenggalek sebagai Sumber Belajar Berbasis Geo-literacy di Sekolah Dasar

  • YUNI ADIKA RATNA PALUPI
  • SUPRAYITNO

Abstract

Geo-literacy merupakan kemampuan seseorang untuk perpikir secara kritis dan peka terhadap lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui muatan materi yang terkandung pada kawasan wisata Pantai Prigi sebagai sumber belajar berbasis Geo-literacy dan mengetahui bagaimana integrasi muatan materi Geo-literacy kedalam pembelajaran terpadu di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan kajian dokumen. Tahap analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kawasan wisata Pantai Prigi memuat beberapa muatan materi yang dapat diintegrasikan ke dalam pembelajaran di sekolah dasar yaitu Bahasa Indonesia, SBdP, IPA, IPS, Agama, dan PJOK. Kemudian dapat dikembangkan menjadi model pembelajaran terpadu yang sesuai dengan Kurikulum 2013 menggunakan model Webbed.

Kata Kunci: Geo-literacy, Pantai Prigi, Sumber Belajar






Published
2019-06-10
Section
Articles
Abstract Views: 77
PDF Downloads: 367