PENGEMBANGAN MEDIA ARLOGY BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK PEMBELAJARAN BANGUN DATAR DAN RUANG DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Sebagian siswa di sekolah dasar belum memahami konsep tentang bangun datar dan ruang dengan maksimal karena kurangnya motivasi untuk belajar mandiri. Kondisi serupa dialami oleh siswa di SDN Gading I/177 Surabaya sehingga diperlukan media yang dapat memotivasi siswa untuk belajar mandiri sekaligus membantu mereka untuk memahami konsep bangun datar dan ruang. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan media pembelajaran yang dapat memotivasi siswa untuk belajar mandiri sekaligus membantu siswa memahami konsep bangun datar dan ruang dalam bentuk aplikasi android ARLOGY berbasis etnomatematika, (2) Mengetahui kelayakan media ARLOGY berbasis etnomatematika untuk pembelajaran bangun datar dan ruang di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu; Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I, II, IV, dan VI SDN Gading I/177 Surabaya. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi serta pengisian lembar validasi dan angket. Data kelayakan media dianalisis dengan cara menghitung persentase skor dari ahli media, ahli materi, dan guru kelas yang kemudian dianalisis kriteria kelayakan dan validasinya. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Media ARLOGY berbasis etnomatematika berbentuk aplikasi mobile android dengan kegiatan pembelajaran berbasis etnomatematika dan fitur mainkan objek 3D dari beberapa hasil kebudayaan di Indonesia. (2) Kelayakan media ARLOGY berbasis etnomatematika tampak berdasarkan hasil validasi oleh ahli media dengan persentase kalayakan media sebesar 94% yang berarti sangat layak, hasil validasi oleh ahli materi dengan persentase kevalidan materi sebesar 96,36% yang sangat layak, dan hasil validasi oleh guru kelas I, II, IV, and VI dengan rata-rata persentase kelayakan sebesar 87,56% yang berarti sangat layak. Media ARLOGY yang diujicobakan kepada 11 siswa kelas I, 11 siswa kelas II, 14 siswa kelas IV, dan 11 siswa kelas VI SDN Gading I/177 Surabaya memperoleh rata-rata persentase kalayakan media sebesar 92,08% yang berarti sangat layak. Berdasarkan data yang diperoleh tersebut dapat disimpulkan bahwa media ARLOGY berbasis etnomatematika yang telah dikembangkan peneliti sangat layak untuk pembelajaran bangun datar dan ruang di sekolah dasar.
Kata Kunci: pengembangan media, ARLOGY, etnomatematika, bangun datar, bangun ruang.