Persepsi Guru Sekolah Dasar tentang Mata Pelajaran IPAS pada Kurikulum Merdeka

  • Delina Andreani Universitas Negeri Surabaya
  • Ganes Gunansyah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Salah satu hal esensial pada Kurikulum Merdeka dalam rangka memperkuat kompetensi yang mendasar dan holistik siswa sekolah dasar adalah penggabungan mata pelajaran IPA dan IPS menjadi Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Kemunculan IPAS ini tentu saja menimbulkan banyak persepsi di kalangan guru. Oleh karena itu, penelitian ini dirasa perlu dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui persepsi guru sekolah dasar terhadap pemahaman, implementasi, dan refleksi pembelajaran IPAS pada Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Informan dalam penelitian ini berjumlah tujuh orang yang terdiri dari guru kelas IV, kepala sekolah, dan pengawas sekolah yang berasal dari SD Negeri Guyangan, SD Negeri 1 Bagorkulon, dan SD Negeri 1 Banaranwetan, Kec Bagor, Nganjuk. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan teknik analisis Miles & Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki pemahaman yang beragam tentang IPAS pada Kurikulum Merdeka. Selain itu, guru juga mengimplementasikan pembelajaran IPAS dengan bervariasi sesuai dengan gambaran Kurikulum Merdeka yang dibuktikan dengan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi yang disusun cukup matang. Hasil penelitian juga menunjukkan refleksi guru selama menghadapi beragam hambatan, perasaan, dan harapan ke depannya tentang pembelajaran IPAS.

Kata Kunci: persepsi, IPAS, Kurikulum Merdeka

Published
2023-07-07
Section
Articles
Abstract Views: 1138
PDF Downloads: 687