Penyusunan Kamus Istilah Game Online

  • MOCHAMAD DAMAR RISDIANTO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini mengkaji tentang penyusunan sebuah kamus istilah game online. Hal tersebut di latar belakangi oleh perkembangan media hiburan dikalangan anak muda maupun dewasa dari sebuah game berbasis online. Dalam game online terdapat istilah-istilah yang muncul dan terkadang tidak dimengerti oleh para penikmat game online. Oleh sebab itu dilakukan penyusunan terhadap istilah yang ada dan mengumpulkannya menjadi sebuah kamus.

Tujuan penelitian ini adalah; a) Mendeskripsikan lema pada kamus istilah game online; b) Menjelaskan arti lema pada kamus istilah game online; c) Menjelaskan cara penyajian pada kamus istilah game online.

Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut, penelitian ini menggunakan metode simak dan metode cakap secara bergantian sebagai metode pengumpulan data, dan teknik yang digunakan adalah teknik cakap semuka dan simak. Instrumen pada penelitian ini terdiri atas human instrument dan lembar validasi.

Berdasarkan rumusan masalah, hasil penelitian ini adalah; a) terdapat 144 lema yang berhasil ditemukan; b) dari 144 lema yang ditemukan, sebagian besar lema menggunakan bahasa Inggris yang dicampur dengan imbuhan ataupun gabungan kata dari bahasa Indonesia; c) Dari data lema yang berhasil terkumpul, dikelompokan sesuai abjad dan disusun sedemikian rupa sesuai syarat penyusunan kamus hingga menjadi sebuah produk yaitu Kamus Istilah Game Online (KIGO).

Kata kunci: leksikografi, kamus, game online, diseminasi

Published
2020-01-14
Section
Articles
Abstract Views: 142
PDF Downloads: 134