KETIDAKSANTUNAN BERBAHASA DALAM ULASAN DARING PELANGGAN GOFOOD DI KECAMATAN WIYUNG

  • Nur Tri Dwi Lestari Universitas Negeri Surabaya
  • Agusniar Dian Savitri Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Ulasan daring pelanggan menampilkan penilaian langsung berupa tuturan positif dan negatif. Namun pelanggan sering kali menggunakan tuturan yang tidak santun. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ketidaksantunan berbahasa dan pelanggaran maksim kesantunan dalam ulasan daring pelanggan GoFood di Kecamatan Wiyung. Penelitian ini menggunakan teori ketidaksantunan berbahasa Culpeper, kemudian dianalisis dengan ketidaksantunan dalam ulasan daring menurut Feng dan Ren yang mengemukakan bahwa wujud ketidaksantunan berupa penyerangan ‘wajah’ tidak hanya terbatas pada citra diri seseorang, tetapi juga pada atribut dari suatu entitas seperti restoran. Penelitian ini juga menggunakan teori prinsip kesantunan Leech untuk menelaah pelanggaran maksim kesantunan dalam ulasan daring pelanggan GoFood di Kecamatan Wiyung. Pendekatan penelitian menggunakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan atau menjelaskan suatu fenomena secara lengkap dan membuktikan ke dalam data yang akan diteliti. Sumber data dalam penelitian ini diambil dari ulasan daring pelanggan dalam layanan GoFood pada masing-masing dua restoran cepat saji nasional dan internasional di Kecamatan Wiyung dengan data penelitian berupa tuturan ketidaksantunan. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah metode simak dan teknik catat, sehingga membutuhkan intrumen pengumpulan data yaitu human instrument. Metode analisis data yang digunakan adalah metode padan ekstralingual, maka dari itu membutuhkan instrumen analisis data, yaitu tabel analisis data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan ulasan dengan ketidaksantunan langsung kategori positif dan negatif, serta ketidaksantunan tidak langsung implisit dan sarkasme. Keempat kategori tersebut ditemukan penunjuk kesalahan berdasarkan produk, pelayanan, harga, rasa, dan aroma. Terakhir adalah pelanggaran maksim kebijaksanaan, kedermawanan, penerimaan, kerendahan hati, kesetujuan, dan kesimpatian dalam tuturan ketidaksantunan ulasan daring pelanggan GoFood di Kecamatan Wiyung.

 

Kata Kunci: ketidaksantunan, ulasan daring, GoFood.

Published
2024-05-06
Abstract Views: 0
PDF Downloads: 0