Pelatihan dan Pendampingan Guru dalam Pemanfaatan Media Cerdas Cermat Berbasis Canva Code untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Authors

  • I Putu Herry Widhi Andika Universitas Mataram

Keywords:

Canva, Interactive, Teacher, Learning, School

Abstract

Program pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru dalam menggunakan media kuis interaktif berbasis Canva Code untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SDN 14 Cakranegara. Kegiatan dilaksanakan melalui workshop dan pendampingan dengan melibatkan guru kelas dan mahasiswa fasilitator menggunakan pendekatan partisipatif. Guru dilatih merancang kuis interaktif, mengimplementasikannya di kelas, serta mendapatkan pendampingan berkelanjutan. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara kualitatif.

Hasilnya menunjukkan guru mampu membuat kuis Canva Code yang kreatif, menarik, dan sesuai berbagai mata pelajaran. Penerapan di kelas meningkatkan partisipasi, antusiasme, dan kepercayaan diri siswa. Guru juga mengalami peningkatan kemampuan dalam mengintegrasikan media digital ke pembelajaran. Meskipun terkendala akses perangkat digital dan adaptasi, program ini efektif meningkatkan kompetensi guru dan motivasi belajar siswa, sekaligus mendukung Kurikulum Merdeka yang berfokus pada pembelajaran interaktif dan bermakna.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-12-02

How to Cite

I Putu Herry Widhi Andika. (2025). Pelatihan dan Pendampingan Guru dalam Pemanfaatan Media Cerdas Cermat Berbasis Canva Code untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Lintas Karsa, 2(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/lintaskarsa/article/view/73224
Abstract views: 0