Pelatihan dan Pendampingan Guru dalam Pemanfaatan Media Cerdas Cermat Berbasis Canva Code untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Penulis

  • I Putu Herry Widhi Andika Universitas Mataram

Kata Kunci:

Canva, Interactive, Teacher, Learning, School

Abstrak

Program pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru dalam menggunakan media kuis interaktif berbasis Canva Code untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SDN 14 Cakranegara. Kegiatan dilaksanakan melalui workshop dan pendampingan dengan melibatkan guru kelas dan mahasiswa fasilitator menggunakan pendekatan partisipatif. Guru dilatih merancang kuis interaktif, mengimplementasikannya di kelas, serta mendapatkan pendampingan berkelanjutan. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara kualitatif.

Hasilnya menunjukkan guru mampu membuat kuis Canva Code yang kreatif, menarik, dan sesuai berbagai mata pelajaran. Penerapan di kelas meningkatkan partisipasi, antusiasme, dan kepercayaan diri siswa. Guru juga mengalami peningkatan kemampuan dalam mengintegrasikan media digital ke pembelajaran. Meskipun terkendala akses perangkat digital dan adaptasi, program ini efektif meningkatkan kompetensi guru dan motivasi belajar siswa, sekaligus mendukung Kurikulum Merdeka yang berfokus pada pembelajaran interaktif dan bermakna.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2025-12-02

Cara Mengutip

I Putu Herry Widhi Andika. (2025). Pelatihan dan Pendampingan Guru dalam Pemanfaatan Media Cerdas Cermat Berbasis Canva Code untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Lintas Karsa, 2(01). Diambil dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/lintaskarsa/article/view/73224
Abstract views: 0