Penguatan Dukungan Psikologis Lingkungan Sekolah Melalui Kegiatan Skrining Dan Stimulasi Psikososial

Penulis

  • Syenshie Wetik Universitas Katolik De La Salle Manado
  • Angela. A. M. L. Laka
  • Vervando J. Sumilat

Kata Kunci:

Anak Sekolah Dasar, Dukungan Psikologis, Kesehatan Jiwa, Skrining, Stimulasi Psikososial

Abstrak

Masalah psikososial pada anak dapat menghambat kemampuan untuk beradaptasi dengan tantangan kehidupan. Adanya kemajuan teknologi digital, stres akademik, dan masalah intrapersonal menyebabkan stres, kecemasan, depresi serta rendahnya motivasi sehingga mempengaruhi perilaku dan nilai akademiknya serta menimbulkan masalah kesehatan yang serius. Jadi, lingkungan sekolah harus menyediakan dukungan psikologis yang efektif dan mendukung perkembangan emosional dan sosialnya agar siswa dapat mengatasi stres dan gangguan psikososial yang dihadapi. Kegiatan ini dilaksanakan di SD Inpres Kolongan, Minahasa Utara, dengan 20 siswa kelas 4 dan guru kelas. Metodenya meliputi skrining, ceramah, demonstrasi stimulasi, dan diskusi berbentuk permainan edukatif - interaktif. Hasilnya, kegiatan ini berdampak positif terhadap pengetahuan peserta tentang kesehatan mental serta kemampuan psikososial yang distimulasi. Kegiatan ini disarankan untuk diintegrasikan dalam pembelajaran sehari-hari di sekolah guna mencapai keseimbangan antara perkembangan fisik dan psikis siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-12-20

Cara Mengutip

Wetik, S., Angela. A. M. L. Laka, & Vervando J. Sumilat. (2024). Penguatan Dukungan Psikologis Lingkungan Sekolah Melalui Kegiatan Skrining Dan Stimulasi Psikososial. Jurnal Lintas Karsa, 1(1), 1–10. Diambil dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/lintaskarsa/article/view/64579
Abstract views: 100 , PDF Downloads: 90