PENGARUH METODE PETA PIKIRAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA MANDARIN SISWA KELAS VIII SMPK SANTO BERNARDUS MADIUNTAHUN PELAJARAN 2014/2015

  • FEBE DIYAH MUSTIKA NINGRUM

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode peta pikiran dalam pembelajaran membaca pemahaman bahasa Mandarin, untuk mendeskripsikan hasil pembelajaran membaca pemahaman bahasa Mandarin dengan metode peta pikiran, dan untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran membaca pemahaman bahasa Mandarin dengan menggunakan metode peta pikiran siswa kelas VIII SMPK Santo Bernardus Madiun.

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Tes digunakan untuk mengetahui hasil yang diperoleh dari kelas kontrol dan kelas eksperimen yang dilakukan dengan dua kali tes tiap kelas yaitu pre-test dan post-test. Subjek penelitian ini untuk kelas kontrol berjumlah 22 siswa dan untuk kelas eksperimen 23 siswa.

Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada kelas kontrol maupun kelas eksperimen. Rata-rata nilai pre-test pada kelas kontrol yaitu 67,5 dan hasil post-test yaitu 81,1. Hasil penelitian pada kelas eksperimen dengan metode peta pikiran dengan rata-rata nilai pre-test yaitu 63,3 dan nilai post-test yaitu 87,7. Metode peta pikiran terhadap kemampuan membaca pemahaman bahasa Mandarin pada siswa kelas VIII SMPK Santo Bernardus Madiun tahun pelajaran 2014/2015 berpengaruh baik.

Adapun respon siswa terhadap pembelajaran dengan metode “peta pikiran” memberikan jawaban yang positif terhadap pengajaran guru berkaitan dengan metode “peta pikiran”.Penggunaan metode “peta pikiran” di dalam kelas dalam pembelajaran bahasa Mandarin dirasakan efektif oleh siswa, karena metode ini adalah metode yang sesuai dalam mempelajari membaca pemahaman bahasa Mandarin, dapat menambah kemampuan membaca pemahaman, dan meningkatkan hasil belajar bahasa Mandarin.

Kata Kunci: Pengaruh, Peta Pikiran, Membaca Pemahaman

Abstract

The purpose of this study was to describe the application method of a mind map in teaching reading comprehension Mandarin, to describe the results of learning in reading comprehension Mandarin method mind map, and to describe the students' responses to learning reading comprehension Mandarin using mind maps eighth grade students SMPK St. Bernard Madiun.

This study is an experimental research. The test is used to determine the results obtained from the control class and experimental class is done with two tests for each class that is pre-test and post-test. The research subject to the control class numbered 22 students and 23 students for the experimental class.

The results showed an increase in learning outcomes in the control group and the experimental class. The average value of the pre-test the control class is 67.5 and post-test results is 81.1. Results of research on the experimental class with a mind map method with an average pre-test score is 63.3 and the value of post-test that is 87.7. Mind map method for reading comprehension Mandarin language in class VIII SMPK St. Bernard Madiun good effect in the academic year 2014/2015.

The students' response to the learning method "mind map" gives a positive answer to the teachers teaching with regard to the method of "mind map" . Use method "mind map" in the classroom in learning Mandarin effective perceived by students, because this method is a method appropriate in reading comprehension learn Mandarin, to increase reading comprehension, and improve learning outcomes Mandarin.

Keywords: Effect, Mind Map, Reading Comprehension

 

摘要

2014/2015学年的第八类SMPK圣伯纳茉莉芬的学生学习汉语时使用思维导图方法对其阅读能力的影响

姓名: Febe Diyah Mustika Ningrum

学号: 11020774002

专业:汉语教育

大学:泗水国立大学

导师: 1. Dr.Mintowati M. Pd.

2. Andi Cahyono, BTCFL, MTCSOL

学年: 2015

关键词:效果,思维导图,阅读理解

此种研究的目的是描述思维导图在教学中的普通话阅读理解的应用方法,来形容学习普通话阅读理解用思维导图方法的结果,并描述了学生(SMPK圣伯纳茉莉芬八年级的学生)对思维导图的反应。

此种研究是一个实验性的研究。测试是用来确定从控制类中获得的结果和实验类。两个测试的每个类,就是预测和后测试完成。研究中,以22名学生为控制班,23名学生为实验班。

对控制班和实验班,研究结果显示增加学习结果。预测的平均值控制班是67.5和后测结果是81.1。对实验班用思维导图法,平均预测分数的研究成果为63.3和后测的是87.7的数值。思维导图法在学习普通话阅读理解语言类在SMPK圣伯纳茉莉芬八年级的学生(2014之2015)显示有良好的效果。

学生对学习方法“思维导图”显示了有良好的反应,“思维导图”对于教师可以增加教学方法的类型。在课堂上学习汉语对于提高学生察觉有效。阅读理解汉语的研究运用的方法,“思维导图”可以提高学习汉语的阅读理解并提高学习普通话的效果。

Published
2016-02-02
How to Cite
DIYAH MUSTIKA NINGRUM, F. (2016). PENGARUH METODE PETA PIKIRAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA MANDARIN SISWA KELAS VIII SMPK SANTO BERNARDUS MADIUNTAHUN PELAJARAN 2014/2015. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 1(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/14236
Section
Articles
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 37