Pengaruh Penggunaan Metode SQ3R Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Bahasa Mandarin Siswa Kelas XI MIPA SMA NU 1 Gresik
Abstract
PENGARUH PENGGUNAAN METODE SQ3R TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA MANDARIN SISWA KELAS XI MIPA SMA NU 1 GRESIK
Laili Fadlina
Pendidikan Bahasa Mandarin, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya
E-mail : fadlinalaili@yahoo.co.id
Abstrak
Pengajaran bahasa terdiri atas keterampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Keterampilan membaca sebagai salah satu dari empat keterampilan berbahasa, salah satu jenis membaca adalah membaca pemahaman. Membaca pemahaman memerlukan strategi dalam membacanya. Oleh karena itu, seoarang guru harus mempunyai metode yang tepat untuk memudahkan siswa dalam memahami bacaan. Untuk itu, agar pembelajaran berjalan dengan baik diperlukan metode SQ3R yang digunakan dalam pengajaran membaca pemahaman bahasa Mandarin. Metode SQ3R berpotensi dapat meningkatkan kemampuan membaca bahasa Mandarin siswa kelas XI MIPA 1. Tujuan penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses pembelajaran penggunaan metode SQ3R terhadap kemampuan membaca pemahaman bahasa Mandarin siswa kelas XI MIPA SMA NU 1 Gresik, 2) Bagaimana hasil pembelajaran penggunaan metode SQ3R terhadap kemampuan membaca pemahaman bahasa Mandarin siswa kelas XI MIPA SMA NU 1 Gresik, 3) Bagaimana respon siswa terhadap metode SQ3R terhadap kemampuan membaca pemahaman bahasa Mandarin siswa kelas XI MIPA SMA NU 1 Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan metode kuantitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini berlangsung selama empat kali pertemuan. Dua kali pada kelas kontrol (dengan metode ceramah) dan dua kali pada kelas eksperimen (dengan metode SQ3R). Berdasarkan proses pembelajaran bahasa Mandarin menggnakan metode SQ3R dapat diketahui hasil analisis data yang dilakukan, diperoleh perhitungan hasil tersebut, adal to= 68,1 dan db = 65, selanjutnya dikonsultasikan dengan melihat nilai tabel taraf 5%. Dengan harga to= 68,1 adalah db = 65, maka diketahui bahwa harga ts = 0, 05 = 2, 00 menunjukkan t lebih besar dari t tabel (2,00<6,81). Harga to signifikan. Dengan demikian, analisi data hasil belajar siswa terbukti bahwa terdapat adanya perbedaan signifikan antara kemampuan membaca pemahaman bahasa Mandarin menggunakan metode SQ3R pada kelas eksperimen dengan metode ceramah pada kelas kontrol. Pengaruh respon siswa digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan metode SQ3R. Berdasarkan hasil angket pengguanaan metode SQ3R pada kelas eksperimen bahwa 90% siswa dapat mempermudah membaca pemahaman wacana bahasa Mandarin, sebanyak 92% penggunaan metode membaca SQ3R dapat meningkatkan motivasi belajar membaca pemahaman bahasa Mandarin.
Kata Kunci: membaca pemahaman, metode SQ3R
Abstract
The language teaching consist of listening skills, speaking skills, reading skills, and writing skills. Reading skills as one of four languange skills. One type of reading is reading comprehension. Reading comprehension needs coprehension strategy. Therefore, the teacher must have exact methods to simplify student in reading comprehension. Therefore, in order to interest the student, required SQ3R methods used in the teaching of Mandarin reading comprehension. SQ3R method can potentially improve the ability to read Chinese language class XI student of MIPA 1. The purpose of this study were 1) How does the use of the method of SQ3R against Mandarin reading comprehension class XI student of MIPA 1 SMA NU 1 Gresik, 2) How is the response of students to the SQ3R method against Mandarin reading comprehension class XI student of Mathematics SMA NU 1 Gresik. This study was an experimental study using quantitative descriptive method. The study lasted four meetings. Twice in the control class (the lecture) and twice in the experimental classes (with SQ3R methods). Based on the results of data analysis, with the results obtained by calculations From this calculation, obtained to = 68,1 and db = 65, then consulted with seeing the value table level of significant 5%. With the value to = 6,81 and db = 65, it is known that the price of ts 0, 05 = 2,00 shows t greater than t table (2,00 <68,1). The value of to be significant. Thus, the data analysis of student learning outcomes proved that have significant difference between reading comprehension of Chinese using the SQ3R reading method in experimental class with a lecture on the control class. The aspects of student responses used to determine student’s response againts to the use of SQ3R method. Based on the results of questionnaires of the use SQ3R reading method can simplify the reading comprehension of discourse Mandarin as much as 90%.
PDF Downloads: 81