KESALAHAN PENGGUNAAN KATA BANTU BILANGAN “次” DAN “遍” DALAM KALIMAT BAHASA MANDARIN PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYAANGKATAN 2013

  • ICHA FAIS NURUL KARIMAH

Abstract

Abstrak

Perkembangan teknologi dan ekonomi dunia yang didominasi masyarakat China membuat sebagian besar masyarakat Indonesia mulai mempelajari bahasa Mandarin. Pembelajar bahasa kedua bahasa Mandarin terkadang masih sulit membedakan kata bantu bilangan “次” dan “遍” dalam kalimat bahasa Mandarin, sehingga mengakibatkan kesalahan. Dalam penelitian ini dianalisis bentuk dan faktor penyebab kesalahan yang sering dilakukan mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin angkatan 2013 dalam menggunakan kata bantu bilangan “次” dan “遍”. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket yang dianalisis berdasarkan teknik analisis data modifikasi.

Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa bentuk kesalahan yang ditemukan adalah kesalahan salah formasi, dan salah susun yang disebabkan karena kurangnya pemahaman mahasiswa akan penggunaan kata bantu bilangan, selain itu struktur kalimat yang masih dipengaruhi oleh bahasa ibu dan faktor lingkungan juga mempengaruhi kesalahan.

Kesalahan tersebut dapat diminimalkan dengan sering memberikan latihan soal tentang penggunaan kata bantu bilangan “次” dan “遍” , serta banyak membaca buku tata bahasa Mandarin. Penelitian ini diharapkan nantinya bisa ditindaklanjuti dengan menggunakan materi dan kajian yang berbeda, sehingga penjelasan sertapenelitian tentang kata bantu bilangan lebih beragam.

Kata Kunci: Kesalahan Berbahasa, Kata Bilangan, “次, 遍”

Abstract

As result of the recent technological and economic growth in china, learning Chinese language become more and more important. Nowadays, People from every corner of the globe come to China to learn Chinese language, Indonesians are no exception. During that learning prossess, the Indonesian students enconter many problems. One of the most common problem they face is the difference between the use of the measure words“次” and “遍”in a sentence, leading them in a gramatical error. In this article,the factors causing the the student’s misuderstanding ofmeasure words“次” and “遍”are analysed for a better Chinese language Educational skills.

The result of a conducted reserch shows that the grammatical error is often due to the students’s misunderstanding of the sentence structure order, which mostly is influence by their first language and the environment they study in.

These grammatical errors can be minimized by providing more effective teaching about the use of assistive measure words "次" and "遍", as well as reading many Chinese grammar books and doing many exercises. This study is expected later to be followed up by using different materials and studies, so that explanation as well as research for a better understanding of assistive measure words.

Keywords: Error Analysis, Measure Words , "次,遍"

Published
2016-04-28
How to Cite
FAIS NURUL KARIMAH, I. (2016). KESALAHAN PENGGUNAAN KATA BANTU BILANGAN “次” DAN “遍” DALAM KALIMAT BAHASA MANDARIN PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYAANGKATAN 2013. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 1(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/14769
Section
Articles
Abstract Views: 92
PDF Downloads: 192