PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU KWARTET TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN BERTEMA KELUARGA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 GONDANG MOJOKERTO

  • KHOLIS ROISYAH

Abstract

ABSTRAK

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU KWARTET TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN BERTEMA KELUARGA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 GONDANG MOJOKERTO

Nama Mahasiswa : Kholis Roisyah

NIM : 12020774026

Universitas : Universitas Negeri Surabaya

Fakultas : Fakultas Bahasa dan Seni

Jurusan : Pendidikan Bahasa Mandarin

Pembimbing : 1. Dr. Heny Subandiyah, M.Hum.

2. Galih Wibisono, B.A, M.Ed.

Tahun : 2016

Kata Kunci : Bahasa Mandarin, Penguasaan Kosakata, Media Kartu Kwartet

Bahasa Mandarin merupakan bahasa internasional yang mulai digemari di Indonesia dan sudah diajarkan di sekolah menengah atas. Dalam pembelajaran Bahasa Mandarin yang merupakan bahasa asing dan bahasa yang sulit. Diperlukan keterampilan khusus untuk pengajaran langsung yang menarik di dalam kelas. Untuk itu, diperlukan penguasaan kosakata, pelafalan, maupun stimulus untuk menarik keinginan belajar siswa. Stimulus ini merupakan pemanfaatan media pembelajaran yang kreatif dan sesuai dengan perkembangan teknologi. Pengunaan media dalam pembelajaran ini dipilih yang sesuai dengan lingkungan dan kondisi siswa. Media kartu selama ini dianggap memiliki pengaruh dalam pembelajaran, sehingga media kartu kwartet yang sering digunakan siswa dianggap memiliki pengaruh dalam pembelajaran penguasaan kosakata bahasa Mandarin.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan metode kuantitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian berlangsung selama satu bulan dengan delapan kali pertemuan. Empat kali pertemuan pada kelas kontrol (tanpa menggunakan media) dan empat kali pada kelas eksperimen (dengan menggunakan media). Hasil proses pembelajaran ini dapat dianalisis dengan menunjukkan hasil yang memuaskan. Penggunaan media kartu kwartet dalam proses pembelajaran bahasa Mandarin bertema keluarga dapat dianalisis dengan hasil t0=1,41 dan db = 46, selanjutnya dikonsultasikan dengan melihat nilai tabel taraf 5%. Dengan harga t0 = 1,41 dan db= 46, diketahui bahwa harga ts = 0,05 = 2,00 menunjukkan t0 lebih kecil dari t tabel (2,00 > 1,41). Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media kartu kwartet tidak terlalu berpengaruh pada penguasaan kosakata bahasa Mandarin bertema keluarga pada siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol yang tanpa menggunakan media kartu kwartet.

Respon siswa terhadap penggunaan media kartu kwartet pada penguasaan kosakata bahasa Mandarin bertema keluarga. Hasil angket pada penggunaan media kartu kwartet sangatlah berpengaruh positif. Dari 10 pernyataan yang ada dalam angket, rata-rata nilai yang diperoleh dengan menggunakan Skala Likert menunjukkan pengaruh yang sangat kuat dengan kisaran nilai 81%- 100%. Selain itu, penggunaan media kartu kwartet ini sangat membantu siswa dalam penguasaan kosakata bahasa Mandarin bertema keluarga yang mereka anggap sulit.

ABSTRACT

THE EFFECT OF USE QUARTET MEDIA CARD CONCERNING TO UNDERSTAND VOCABULARY OF CHINESE LANGUAGE WITH FAMILY THEME TO THE STUDENT OF XI SMA NEGERI 1 GONDANG MOJOKERTO

Name : Kholis Roisyah

NIM : 12020774026

Institution : State University of Surabaya

Faculty : Faculty Language ang Art

Study Program : Mandarin Education / S1

Advisor : 1. Dr. Heny Subandiyah, M.Hum.

2. Galih Wibisono, B.A, M.Ed.

Year : 2016

Key words : Chinese language, Learning vocabulary, Quartet media card.

Chinese language as International language have begin preferred in Indonesia and had teaches in Senior High School. In the learning Chinese language as a foreign language and difficult language. It’s need a specific skills to learn directly to get interest learning in the class. Because of that reason, needed a control of vocabulary, pronunciations, or stimulate to get a pretention studying of the student. This stimulate is utilization learning media creatively and appropriate with development of technology. The usage of the media in the learning is chosen which agree with area and the condition of the student. All this time, the card media reputed have influence in the learning, with the result that quartet media card frequently used and have and influence in the learning to understand of vocabulary Chinese language.

The research is through experiment which using quantitative method that is descriptive. These researches take place for one month and eight times meeting, four meeting in control class (without using quartet media card) and experiment class (using quartet media card). The result of the learning process can analyzed with indication output satisfying. The using of quartet media card in the learning process at Chinese language with family theme can be analyzed with the result as follows t0 =1, 41 and db = 46, and the next can consulate with see table score level 5%. With the value t0 = 1,41 and db = 46, so can be indicate that the value ts = 0,05 = 2,00 shows t0 small of them t table (2,00 > 1,41). This result shows that the usage of quartet media card is not exceedingly influence to understand vocabulary Chinese language with family theme in the experiment class with control class without quartet media card.

The effect of student respond is using to know students respond to using of quartet media card to understand vocabulary Chinese language with family theme. The result of questionnaire in the using of quartet media card, its intense to get positive effect. From 10 responses on the questionnaire, the average value obtained using Likert Scale indicate a very strong influence with the range of value 81% - 100%. Beside of that, the using of quartet media card its very helping for the student to understand vocabulary of Chinese language with family theme which they consider is difficult.

Published
2016-05-04
How to Cite
ROISYAH, K. (2016). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU KWARTET TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN BERTEMA KELUARGA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 GONDANG MOJOKERTO. Jurnal Bahasa Mandarin, 1(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/14822
Section
Articles
Abstract Views: 34
PDF Downloads: 102