KESALAHAN PENGGUNAAN KATAGANTI“各”DAN“每” DALAM KALIMAT BAHASA MANDARIN PADA MAHASISWA JURUSAN BAHASA DAN SASTRA MANDARIN KELAS 2013 B UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
Abstract
ABSTRAK
KESALAHAN PENGGUNAAN KATAGANTI“各”DAN“每” DALAM KALIMAT BAHASA MANDARIN
PADA MAHASISWA JURUSAN BAHASA DAN SASTRA MANDARIN KELAS 2013 B UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
Nama Mahasiswa: Yuli Nur Fauziyah
NIM: 12020774024
Program Studi: Pendidikan Bahasa Mandarin
Fakultas: Bahasa dan Seni
Nama Lembaga: Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing: 1. Dr. Thea Sairine, M.TCM., ML, PH.D
2. Andi Cahyono, B.TCFL, MTCSOL
Tahun: 2016
Kata Kunci : Kesalahan Berbahasa, Kata Ganti,“各”,“每”
Bahasa merupakan suatu sistem komunikasi yang digunakan manusia untuk berhubungan dengan manusia lainnya. Pembelajar bahasa Mandarin sebagai bahasa kedua sering melakukan kesalahan dalam penggunaan kata ganti “各”dan“每”.Penelitian ini menganalisis bentuk kesalahan dan penyebab terjadinya kesalahan penggunaan kata ganti“各”dan“每”dalam kalimat bahasa Mandarin pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin kelas 2013 B UNESA. Metode yang digunakan yakni metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes, kuesioner, dan wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk kesalahan penggunaan kata ganti“各”dan“每”yang sering dilakukan mahasiswa adalah salah susun 51%, salah formasi 35%, penghilangan 11%, dan penambahan 3%. Kesalahan tersebut disebabkan oleh kurangnya pemahaman mahasiswa terhadap penggunaan kata ganti“各”dan“每”,adanya pengaruh interferensi bahasa ibu, serta kerumitan bahasa Mandarin itu sendiri. Untuk meminimalkan terjadinya kesalahan tersebut, sebaiknya mahasiswa meningkatkan kualitas belajar bahasa Mandarin dengan memotivasi diri sendiri, aktif dalam proses pembelajaran, memperbanyak penguasaan kosakata, serta lebih banyakmengerjakan latihan soal.
ABSTRACT
THE ERROR ANALYSIS OF PRONOUN“各”AND“每”IN MANDARIN SENTENCE BY THE STUDENT OF CHINESE EDUCATION PROGRAM IN STATE UNIVERSITY OF SURABAYA CLASS OF 2013 B
Student’s Name: Yuli Nur Fauziyah
Register Number: 12020774024
Study Programme: Chinese Language Education
Faculty:Language and Art
Institution: State University of Surabaya
Guide : 1. Dr. Thea Sairine, M.TCM., ML, PH.D
2. Andi Cahyono, B.TCFL, MTCSOL
Years: 2016
Keyword: Error Analysis, Pronoun,“各”, “每”
Language is a communication system that used by human to communicate with others. A person who study Chinese as a second language often make errors in using pronoun“各”and“每”, so the information can not be delivered well. This research analyze about the variety of errors in using pronoun“各”and“每”and the cause of it in Chinese sentences made by Chinese Education Students class of 2013 B in State University of Surabaya. Therefore, the research design of this study is qualitative descriptive and data collection method are test, questionnaire, and interview.
The result of this research indicate that the variety oferrors in using pronoun“各”and“每” which often did by respondents is misodering 51%, misformation 35%, addition 11%, and omission 3%. Based on polls conducted by researcher, the errors are caused by their lack of understanding of the use of pronoun“各”and“每”,the inter-language influence of their mother tongue, and the complication of Chinese language. To minimize that mistake, researcher suggests that respondents have to increase their quality of study strategy by making a good self motivation, being active on learning process, increasing mastery of Chinese vocabulary, and doing exercise regularly.
PDF Downloads: 201