PENGEMBANGAN APLIKASI “LÜXI”BERBASIS SMARTPHONE ANDROID UNTUK PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN SISWA KELAS XII-IBB 1 SMAN 1 DRIYOREJO GRESIK

  • WIDARTI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media pembelajaran berupa aplikasi berbasis smartphone android untuk penguasaan kosakata bahasa Mandarin siswa kelas XII IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik, 2) mendeskripsikan kualitas aplikasi yang dikembangkan berdasarkan 3 aspek yaitu: (1) aspek kevalidan berdasarkan hasil penilaian validator yaitu ahli materi, ahli media, dan guru bahasa Mandarin, (2) aspek keefektifan berdasarkan nilai pretest-posttest siswa kelas XII-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik, (3) aspek kepraktisan berdasarkan respon siswa kelas XII-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik terhadap aplikasi yang dikembangkan.

Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah Research and Development (R&D) oleh Sugiyono (2010) yang hanya dibatasi sampai pada tahap revisi (2) produk setelah aplikasi diujicobakan kepada siswa kelas XII-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik dan tidak dilanjutkan pada tahap produksi massal karena keterbatasan waktu, tenaga dan biaya. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket berbentuk checklist menggunakan skala likert dengan 4 alternatif jawaban. Data yang diolah dalam penelitian ini adalah angka penilaian aplikasi dari ahli materi, ahli media, guru bahasa Mandarin, peer reviewer, dan siswa kelas XII-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik yang dianalisis secara deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) dikembangkan media pembelajaran berupa aplikasi “Lüxi” berbasis smartphone android untuk penguasaan kosakata bahasa Mandarin siswa kelas XII IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik, 2) kualitas aplikasi “Lüxi” berdasarkan aspek keefektifan yaitu penilaian ahli media adalah % (sangat kuat), ahli materi adalah % (sangat kuat), guru bahasa Mandarin kelas XII IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik adalah (sangat kuat), dan peer reviwer adalah (sangat kuat). Berdasarkan aspek keefektifan diketahui bahwa aplikasi “Lüxi” mampu meningkatkan nilai rata-rata siswa kelas XII IBB 1 SMAN 1 Driyorejo. Nilai rata-rata siswa kelas XII-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik sebelum aplikasi “Lüxi” diujicobakan atau pada saat pretest adalah 43,05, sedangkan nilai rata-rata siswa kelas XII-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik pada saat postest adalah 81,75. Selisih antara nilai postest dan pretest seluruh siswa siswa kelas XII-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik adalah 38.7 dengan t-signifikasi sebesar . Aspek kepraktisan berdasarkan respon siswa kelas XII-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik diketahui bahwa kualitas aplikasi “Lüxi” yang telah dikembangkan mendapat respon yang positif dari siswa. Penilaian siswa kelas XII-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik terhadap aplikasi “Lüxi” adalah 90% (sangat kuat) sehingga aplikasi “Lüxi” layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran bahasa Mandarin.

Kata Kunci: aplikasi “Lüxi”, android, kosakata, bahasa Mandarin

Abstract

This research aims to: 1) develop learning mediawith app-based android smartphone for mastery Chinese vocabularystudents of class XII IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik, 2) describe the quality of the application developed based on three aspects: (1) the aspect of validity based on assessment result subject validator, media validator, and Chinese teacher, (2) the aspect of effectiveness based on the value pretest-posttest students of class XII-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik, (3) the aspect of practicality based on the responses of students class XII-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik of the developed application.

This research included in research and development or commonly called Research and Development (R & D). The development model used is a Research and Development (R & D) model by Sugiyono (2010), which is limited to revision (2) product stage after application tested to class XII student-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik and not resumed at the mass production stage, Assessment instruments used eith checklist questionnaire using Likert scale with four alternative answers. Data are processed in this research is the number of application assessment of subject validator, media validator, Chinese teacher, peer reviewers, and the students of class XII-IBB 1 SMAN 1 Gresik Driyorejo with descriptively analyzed.

The results showed that 1) has been developed learning media in the form of "Luxi" application based android smartphone to mastery Chinese vocabulary students of class XII IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik, 2) quality of the "Luxi" application based on aspects of effectiveness is an expert assessment of media validator was 89, 47% (very strong), a subject validator is 89.70% (very strong), Chinese teacher of class XII IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik is 94.44% (very strong), and peer reviwers is 96.57% (very strong). Based on effectiveness aspects that the "Luxi" application able to increase the average value of the students class XII IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik. The average value of class XII student-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik before application "Luxi" tested or when the pretest was 43.05, while the average value of class XII student-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik when posttest was 81, 75. The difference between the posttest and pretest all students of class XII -IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik was 38.7 with t-significance is 12.07. Aspects of practicality based on the response of students of class XII-IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik known that the quality of "Luxi" applications which developed hasan positive response from students. Rating students of class XII -IBB 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik to the "Luxi" application was 90% (very strong) so that "Luxi" applications feasible to be used as a Chinese learning media.

Keywords:"Luxi"app, android, vocabulary, Chinese

Published
2016-05-30
How to Cite
WIDARTI,. (2016). PENGEMBANGAN APLIKASI “LÜXI”BERBASIS SMARTPHONE ANDROID UNTUK PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN SISWA KELAS XII-IBB 1 SMAN 1 DRIYOREJO GRESIK. Jurnal Bahasa Mandarin, 1(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/15293
Section
Articles
Abstract Views: 9
PDF Downloads: 18