PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU DOMINO TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA DAN PENYUSUNAN KALIMAT BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS X MIA 5 SMA NU 1 GRESIK TAHUN AJARAN 2015/2016

  • ERLITA LUCHY SULISTYO

Abstract

Abstrak

Dalam pembelajaran bahasa Mandarin pada kelas X SMA NU 1 Gresik, siswa banyak mengalami kesulitan dalam menguasai kosakata dan menyusun kalimat. Untuk mengatasi kesulitan belajar yang dialamisiswa, peneliti menggunakan media kartu domino. Penelitian ini memiliki 3 rumusan masalah yaitu, pertama bagaimana pembelajaran kosakata dan kalimat bahasa Mandarin dengan menggunakan media kartu domino, yang kedua bagaimana pengaruh penggunaan media kartu domino terhadap penguasaan kosakata dan penyusunan kalimat bahasa Mandarin, dan yang ketiga bagaimana respon siswa kelas X MIA 5 SMA NU 1 Gresik tahun ajaran 2015/2016 terhadap pembelajaran kosakata dan kalimat bahasa Mandarin menggunakan media kartu domino.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen yang bersifat deskriptif. Penelitian ini dilakukan selama empat kali pertemuan. Dua kali pada kelas kontrol (dengan menggunakan metode ceramah), dan dua kali pada kelas eksperimen (dengan menggunakan media kartu domino). Kelas X IBBU merupakan kelas kontrol dan kelas X MIA merupakan kelas eksperimen.

Berdasarkan perhitungan hasil belajar pada siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh hasil t0 = 7,586 dan db = 57, diketahui bahwa harga ts = 0,05 = 2,00 menunjukkan t lebih besar dari t tabel (2,00<7,586). Hal tersebut berarti harga t0 signifikan. Dengan demikian, dari analisis hasil belajar siswa terbukti bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara kemampuan penguasaan kosakata dan penyusunan kalimat bahasa Mandarin pada siswa kelas eksperimen yang menggunakan media kartu domino dengan siswa kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Terbukti bahwa media kartu domino dapat meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata dan penyusunan kalimat bahasa Mandarin pada siswa.

Berdasarkan hasil analisis angket, sebanyak 88,7% siswa menyatakan Proses pembelajaran kosakata bahasa Mandarin dengan media kartu domino mudah dipahami, 97,58% siswa menyatakan Proses pembelajaran kosakata bahasa Mandarin dengan media kartu domino menarik dan menyenangkan, 86,3% siswa menyatakan Media kartu domino sangat membantu dalam penguasaan kosakatabahasa Mandarin, 95% siswa menyatakan Media kartu domino sangat membantu dalam menyusun kalimat bahasa Mandarin, dan 95% siswa menyatakan Media kartu domino dapat membantu saya memahami materi tentang kosakata bahasa Mandarin dengan lebih mudah. Dari hasil angket respon siswa dapat disimpulkan bahwa media kartu domino dalam pembelajaran bahasa Mandarin terhadap penguasaan kosakata dan penyusunan kalimat sangat efektif. Hal tersebut dikarenakan pembelajaran dengan menggunakan media kartu domino lebih menarik dan menyenangkan sehingga sangat membantu siswa menguasai kosakata dan menyusun kalimat bahasa Mandarin.

Kata Kunci : Kosakata, Kalimat, Media Pembelajaran, Kartu.

Abstract

In the process of learning Chinese language for students who sit in X grade of SMA NU 1 Gresik got some difficulties in mastery vocabulary and arranging the sentences. For solving those difficulties, researcher used media called domino card. This research has 3 problem questions, first is how is the learning of vocabulary mastery and arrange the sentences. Second, how the influence of domino card to the mastery of vocabulary and arrange sentence. Third, how is the student’s respons especially for X MIA 5 grade students of SMA NU 1 Gresik. To learning process of mastery vocabulary and arrange the sentence by using domino card media.

The research is a quantitative research with experimental approacment which has descriptive characters in it. This research was held 4 meeting , two times in control class (with explanation methode) and twice in experiment class (with domino card media).X IBBU grade is the control class and X MIA 5 is the experiment class

Based on calculating the result of learning, students in control class and experiment class are : t0 = 7,586 and db = 57, based on this calculated it knew thatts = 0,05 = 2,00 it showed that t is bigger than t table(2,00<7,586). It means that the price of t0 significant. So, from the result of analysis, the students proved that there are significant differences between two class as experiment class and control class. The ability of mastery vocabulary and arrange sentences in experiment class have good improvement than the students who didn’t get the learning with domino card media as the control class. And it proved that domino card media could increast the ability of mastery vocabulary and arrange sentence in Chinesse language for students.

Based on the result of questionnaire analysist. 88,7%students said that the process of learning Chinese language vocabulary by using domino card is easy to understand, 97,58% of students said that that the process of learning Chinese language vocabulary by using domino card is interesting and fun,86,3% students said that domino card media very helpful for mastering the Chinessevocabulary, 95% students said that that domino card media very helpful for arranging the sentence in Chines language and 95% students said that domino card media could help them to understand about the learning material in vocabulary section easier. From those students respons it could conclude that domino card media in Chiness language learning about mastery vocabulary and arrange the sentence very effective. This because the learning by using domino card media is very interesting and fun so the students could enjoy the process of learning and it is so helpful for students in mastering vocabulary and arrange the sentences in chinesse language.

Key Words : Vocabulary, Sentence , Instructional Media, Card.

Published
2016-06-02
How to Cite
LUCHY SULISTYO, E. (2016). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU DOMINO TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA DAN PENYUSUNAN KALIMAT BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS X MIA 5 SMA NU 1 GRESIK TAHUN AJARAN 2015/2016. Jurnal Bahasa Mandarin, 1(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/15303
Section
Articles
Abstract Views: 56
PDF Downloads: 37