PENGGUNAAN METODE PERMAINAN PESAN BERANTAI TERHADAP PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA MANDARIN SISWA KELAS X-2 SMA GIKI 2 SURABAYA TAHUN AJARAN 2015/2016

  • IIS MEI HUDAWIDAYANTI

Abstract

Kata kunci : kosa kata, metode permainan pesan berantai

Penguasaan kosa kata sangat penting dalam mempelajari bahasa Mandarin. Penelitian ini menggunakan metode permainan pesan berantai untuk mempermudah siswa dalam menguasai kosa kata bahasa Mandarin. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan metode permainan pesan berantai dalam penguasaan kosa kata bahasa Mandarin siswa kelas X-2 SMA Giki 2 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen menggunakan jenis rancangan eksperimen murni (True Eksperimental Design). Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas seluruh siswa SMA Giki 2 Surabaya, sedangkan sampel adalah kelas X-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan secara acak atau random. Pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan metode permainan pesan berantai, sedangkan pada kelas kontrol menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, diperoleh perhitungan perbedaan hasil t0 = 4,04 dan db = 78, maka diketahui bahwa harga ts 0,05 = 1,98 menunjukkan t lebih besar dari t tabel (1,98 < 4,04), menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikasi antara hasil belajar siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan metode permainan pesan berantai mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kelas eksperimen yaitu kelas X-2 SMA Giki 2 Surabaya. Angket respon siswa digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan metode permainan pesan berantai dalam pembelajaran kosa kata bahasa Mandarin di kelas eksperimen. Berdasarkan hasil angket, sebanyak 84,3% mengatakan bahwa penggunaan metode permainan pesan berantai memotivasi siswa dalam mempelajari kosa kata bahasa Mandarin. Sebanyak 85% mengatakan bahwa penggunaan metode permainan pesan berantai mudah dipahami. Sebanyak 90% mengatakan penggunaan metode permainan pesan berantai menarik dan menyenangkan. Sedangkan 83,1% mengatakan bahwa metode permainan pesan berantai dapat membantu mempelajari dan menghafal kosa kata bahasa Mandarin dan sebanyak 82,5% mengatakan bahwa penggunaan metode permainan pesan berantai dapat meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Mandarin.

Keywords: vocabulary, chain message game method

Mastery of vocabulary is very important in learning Mandarin language. This study used chain message game method to help students master Mandarin vocabulary. This study aims to describe the influence of using chain message game method in mastering Mandarin vocabulary in students of class of SMA Giki 2 Surabaya. This study is a quantitative study with experimental approach using true experimental design. The population in this study was students of all classes of SMA Giki 2 Surabaya, and the sample was class X-2 as the experimental class and class X-3 as the control class. Sampling was random. Teaching in the experimental class used chain message game method, while in the control class used lecture and question and answer methods. Based on the results of the data analysis, the result differences were t0 = 4,04 and db = 78, so price ts 0,05 = 1,98 shows bigger t than t table (1,98 < 4,04), showing that there was a significant difference between the learning outcomes of students in the experimental class and the control class. It showed that the usage of the chain message game method had a significant influence on the experimental class, class X-2 of SMA Giki 2 Surabaya. Student response questionnaire was used to determine students’ responses to the usage of the chain message game method in learning Mandarin vocabulary in the experimental class. Based on the questionnaire result, 84,3% said that the usage of chain message game method motivated students in learning Mandarin vocabulary. 85% said that the usage of chain message game method was easy to understand. 90% said that the usage of chain message game method was interesting and fun. 83,1% said that chain message game method helped learning and memorizing Mandarin vocabulary and 82,5% said that the usage of chain message game method improved mastery of Mandarin vocabulary.

Published
2016-07-13
How to Cite
MEI HUDAWIDAYANTI, I. (2016). PENGGUNAAN METODE PERMAINAN PESAN BERANTAI TERHADAP PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA MANDARIN SISWA KELAS X-2 SMA GIKI 2 SURABAYA TAHUN AJARAN 2015/2016. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 1(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/15880
Section
Articles
Abstract Views: 51
PDF Downloads: 72