PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU PETAK UMPET KOSAKATA TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN SISWA KELAS X-5 SMA GIKI 2 SURABAYA

  • IKA SUCI SETIORINI

Abstract

Kata kunci : pengaruh, media kartu petak umpet kosakata, kosa kata

Media pembelajaran merupakan salah satu alat bantu untuk menyampaikan informasi atau pengetahuan dalam proses pembelajaran. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah media kartu petak umpet kosakata. Pada setiap kartu yang dibuat disertakan gambar, hanzi dan pinnyin dengan tujuan memperkuat daya ingat siswa. Dengan cara seperti itu, siswa akan mudah mengingat dan memahami kosakata yang mereka pelajari.

Peneliti menggunakan penelitian eksperimen TrueExperimental (eksperimen yang sebenarnya) dengan menggunakanPre-test-Poss-test Control Group Design.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA GIKI 2 Surabaya tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan teknik random area sampling (Cluster Sampling). Kelas X-5 sebagai kelas eksperimen yang terdiri atas 39 siswa dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol yang terdiri atas 37 siswa . Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, soal pre-test dan post-testdan angket respon siswa. Datahasil belajar siswa dianalisis menggunakan uji t, data observasi dan angket dianalisis menggunakan teknik deskriptif presentase.

Data observasi guru digunakan untuk menegetahui aktivitas guru selama proses pembelajaran bahasa Mandarin dengan menggunakan media kartu petak umpet kosakata. Pada pertemuan pertama diperoleh presentase sebesar 94,4% dan pertemuan kedua diperoleh presentase sebesar 97,2%. Dari hasil analisis data observasi guru dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berlangsung sangat baik.

Berdasarkan analisis data hasil belajar siswa diperoleh harga t0=3,05 dan db=74, selanjutnya dikonsultasikan dengan melihat nilai tabel taraf 5%. Dengan harga t0=3,05 dan db=74, makadiketahui bahwa harga ttabel0,05=1,98 menunjukkan t0 lebih besar dari ttabel (1,98<3,05), dengan demikian pembelajaran bahasa Mandarin menggunakan media kartu petak umpet kosakata mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap penguasaan kosakata pada kelas eksperimen yaitu kelas X-5 SMA GIKI 2 Surabaya.

Angket respon siswa digunakan untuk mengetahui respon terhadap penggunaan media kartu petak umpet kosakata dalam pembelajaran kosakata bahasa Mandarin kelas eksperimen. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai presentase pada setiap aspek pada angket respon siswa yaitu pada aspek pemahaman materi diperoleh sebesar75,64%, aspek proses pembelajaran diperoleh sebesar 80,77%, 76,92%, 82,69%, 78,87%. Kemudian pada aspekpenggunaan media kartu petak umpet kosakata diperoleh hasil sebesar 80,77%, 79,49%, 73,08%.

Keyword : influence, media vocabulary''s hide and seek card, vocabularies.

Education''s media is one of instrument for delivering information and knowledge in learning process. The media used in this research is vocabulary''s hide and seek cards. Each card is provided with picture, hanzi and pinnyin which has a purpose to streng then student''s memory. That way, the student will easily remember and understand the vocabularies they learned.

This study using experimental research True experimental (the real experiment) by using pre-test-poss-test control group design. The main subject in this research is student in grade 10 from GIKI 2 Senior High School Surabaya 2015/2016. The research using random technique clusters sampling. Class X-5 as experimental class consist of 39 student and X-4 as controling class consist of 37 student. Data collection in this research using observations sheet, pre-test and poss-test questions and student response inquiry. Data of student''s learning result is analyzed using t-test, observation data and inquiries is analyzed using descriptive percentage technique.

The lecturer observation data is used for understanding lecturer activities during Mandarin language learning process by using vocabulary''s hide and seek cards. In the first meeting obtained percentage of 94,4% and in second meeting obtain percentage of 97,2%. Form the the lecturer observation data analysis, can be conclude that the learning process is done very well.

Base on analysis of student''s learning results data, obtained the value t0=3.05 and db =74, then consultation with looking at the standart table value 5%. With value t0=3.05 and db=74, it can be seen that the value ttable 0,05=1.98 shows t0 is bigger than ttable (1.98<3.05), by than mandarin language learning using vocabulary''s hide and seek cards has significant influence to ward vocabulary acquisition in experimental class which is class X-5 GIKI 2 Senior High School Surabaya.

The student''s response inquiries is use to find out the response toward vocabulary''s hide and seek cards in mandarin vocabularies learning processin experimental class. It proved with the result of precentage value in each aspect on the student''s response inquiry in the aspect od understanding the material by 75.64%, learning process aspect by 80.77%, 76.92%, 82.69%, 78.87%. Then in aspect of vocabulary''s hide and seek cards use by 80.77%, 79.49%, 73.08%.

Published
2016-07-14
How to Cite
SUCI SETIORINI, I. (2016). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU PETAK UMPET KOSAKATA TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN SISWA KELAS X-5 SMA GIKI 2 SURABAYA. Jurnal Bahasa Mandarin, 1(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/15898
Section
Articles
Abstract Views: 34
PDF Downloads: 33