Pengaruh Penggunaan Permainan Tebak Gambar dan Teknik Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Mandarin pada Siswa Kelas 10 SMK Sejahtera Surabaya

  • CUNITA ROMAULI AURELIA .S.

Abstract

ABSTRAK

Kata Kunci permainan tebak gambar, teknik tipe Think Pair Share, penguasaan kosakata

Kosakata merupakan salah satu unsur yang paling mendasar ketika seseorang mempelajari bahasa asing. Kosakata adalah salah satu komponen dasar yang sangat penting dalam mempelajari bahasa Mandarin. Kesulitan dalam mempelajari bahasa Mandarin yang dialami oleh siswa SMK Sejahtera Surabaya adalah penguasaan kosakata yang dimiliki sangat minim atau kurang. Hal ini dibuktikan dengan nilai dan hasil tugas yang diberikan guru SMK Sejahtera Surabaya kurang memuaskan.

Untuk mengatasi kesulitan yang dialami siswa dalam mempelajari kosakata bahasa Mandarin, diperlukan media dan model pembelajaran yang menarik yang dapat membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran serta memberikan inovasi yang berbeda dari pembelajaran yang sebelumnya. Oleh karena itu, peneliti menggunakan permainan tebak gambar dan teknik pembelajaran tipe Think Pair Share dalam pembelajaran kosakata. Dengan demikian, hipotesis nol tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen ditolak. Adanya hasil alternatif yang berbunyi ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen diterima. Maka dapat disimpulkan bahwapermainan tebak gambar dan teknik tipe Think Pair Share terhadap penguasaan kosakata mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kelas eksperimen.

Hasil angket respon siswa menunjukkan bahwa dari sepuluh pernyataan yang diberikan jawaban siswa kisaran prosentase yang artinya pada kriteria penilaian sangat kuat. Hal tersebut berarti bahwa terdapat pengaruh yang sangat kuat terhadap permainan tebak gambar dan teknik tipe Think Pair Share terhadap penguasaan kosakata bahasa Mandarin pada siswa kelas X Ak 5 SMK Sejahtera Surabaya.

ABSTRACT

Key words Guessing Picture Game, Think Pair Share learning method, vocabulary mastery ability.

Vocabulary is an important part in learning foreign language. Vocabulary is one of basic important components in learning Mandarin language. Difficulties to learning Mandarin language is found in students of SMK Sejahtera Surabaya. Mandarin vocabulary of mastery ability is needed. It is proved with the dissatisfaction exam and assessment score given by the teachers of SMK Sejahtera Surabaya.

Therefore, interesting media and learning method may make students more active in studying and give different innovation compared with the previous efforts. The researcher used Guessing picture games and Think Pair Share learning method.

Thus, zero hypothesis does not have any significant difference between the learning result control class and refused experimental class. Besides, the alternative result says that there is significant difference experiment class. Therefore, it can be concluded have significant influences toward experiment class.

The questionnaire result shows that ten statements from students with the percentage rage means that the assessment criteria has very strong result. It means that Guessing picture Game and Think Pair Share learning method toward Mandarin vocabulary mastery ability on grade 10 SMK Sejahtera Surabaya.

Published
2016-07-21
How to Cite
ROMAULI AURELIA .S., C. (2016). Pengaruh Penggunaan Permainan Tebak Gambar dan Teknik Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Mandarin pada Siswa Kelas 10 SMK Sejahtera Surabaya. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 1(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/16041
Section
Articles
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 24