HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA DALAM BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS XI BAHASA MA RAUDLATUL MUTA’ALLIMIN BABAT LAMONGAN

  • DONESI VANOLA

Abstract

ABSTRAK

Dalam mempelajari bahasa, seseorang harus memiliki empat keterampilan berbahasa, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Keterampilan menulis mempunyai peranan penting dalam kehidupan manusia. Menulis merupakan keterampilan berbahasa yang paling sulit untuk dikuasai. Kosakata sebagai salah satu unsur bahasa memegang peranan penting dalam keterampilan menulis. Penguasaan kosakata yang dimiliki akan memudahkan untuk menulis.

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penguasaan kosakata siswa kelas XI BAHASA MA Raudlatul Muta’allimin Babat Lamongan, mendeskripsikan kemampuan menulis karangan sederhana dalam bahasa Mandarin siswa kelas XI BAHASA MA Raudlatul Muta’allimin Babat Lamongan, dan mendeskripsikan hubungan penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis karangan sederhana dalam bahasa Mandarin siswa kelas XI BAHASA MA Raudlatul Muta’allimin Babat Lamongan.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini ialah siswa kelas XI BAHASA MA Raudlatul Muta’allimin Babat Lamongan yang berjumlah 15 siswa.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes penguasaan kosakata dan soal tes kemampuan menulis karangan sederhana dalam bahasa Mandarin. Untuk pengujian hipotesis, peneliti menggunakan rumus korelasi product moment dan uji signifikansi.

Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa penguasaan kosakata siswa kelas XI BAHASA MA Raudlatul Muta’allimin Babat Lamongan dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 74.77. Kemampuan menulis karangan sederhana dalam bahasa Mandarin siswa kelas XI BAHASA MA Raudlatul Muta’allimin Babat Lamongan dalam kategori baik dengannilai rata-rata 71.33. Diperoleh r hitung 0,98 lebih besar (>) r tabel dengan taraf signifikansi 5%, yaitu 0.514. Berdasarkan hasil interpretasi terhadap tabel pedoman interpretasi r hitung 0,98 masuk kategori kuat. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa t hitung 17.66 lebih besar (>) t tabel 2.160 taraf signifikansi 5% uji dua pihak dan dk= n-2= 13, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis karangan sederhana dalam bahasa Mandarin siswa kelas XI BAHASA MA Raudlatul Muta’allimin Babat Lamongan.

Kata Kunci: kosakata, menulis, karangan sederhana

ABSTRACT

In learning language, someone must have four linguistic skills, they are listening, speaking, reading and writting.Writting skill has an important role in human life. Writting is a linguistic skill that most difficult to be mastered. Vocabulary is one ofthe language elements that holds important role in writting skill.Having Vocabulary mastery will help in writting skill,Writting is a linguistic skill that most difficult to be mastered.

The purposes of this research is to describe the vocabulary mastery, the ability to write simple essay and the correlation of vocabulary mastery with the ability to write simple essay of XI grade student of language class MA Raudlatul Muta’allimin Babat Lamongan.

This research use correlational descriptive method with quantitative approach. Sample in this research are 15 XI grade students of language class MA Raudlatul Muta’allimin Babat Lamongan. The instrument that for this research are test item of vocabulary mastery and ability to write simple essay in chinese. In order to test the hypothesis, researcher use correlation product formula and significance test.

From the result of data analysis, it is found that vocabulary mastery the XI grade student of laguage class MA Raudlatul Muta’allimin Babat lamongan is in a good category, which has mean 74.77.The ability to write simple essay in chinese of XI grade student of laguage class MA Raudlatul Muta’allimin Babat lamongan is in a good condition, which has mean 71.33. It is gained r 0,98,which is bigger than(>)2.160 of r table with 5% level of significance. Based on interpretation result of interpretation precept table 0,98 r is a strong category. The calculation result show that 17.66 t is bigger (>) than 2.160 t table with two-tailed test5% significance level and df=13, can be concluded that there is positive and significant correlation between vocabulary mastery and ability to write simple essay in chinese of XI grade student of laguage class MA Raudlatul Muta’allimin Babat lamongan

Keywords : vocabulary, writing, simple essay

Published
2016-07-21
How to Cite
VANOLA, D. (2016). HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA DALAM BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS XI BAHASA MA RAUDLATUL MUTA’ALLIMIN BABAT LAMONGAN. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 1(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/16042
Section
Articles
Abstract Views: 146
PDF Downloads: 221