PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PLECO (M-LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA MANDARIN SISWA SMK NEGERI 2 JOMBANG

  • WINDU PINASTIKA

Abstract

Kata kunci: Membaca Pemahaman, media Pleco (M-Learning).

Keterampilan membaca pemahaman merupakan salah satu dari keempat keterampilan berbahasa yang bersifat reseptif, yang penting dan perlu mendapat perhatian dalam pembelajaran. Oleh karena itu, perlu adanya peran guru yaitu membantu, membimbing, mengembangkan serta meningkatkan keterampilan yang siswa butuhkan dalam membaca pemahaman. Maka dari itu agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan tidak membosankan perlu adanya suatu media dalam mengajar. Salah satu media yang dapat digunakan adalah media Pleco (M-Learning) yang dapat digunakan dengan mudah dalam pembelajaran.

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan 1) proses pembelajaran penggunaan media Pleco (M-learning) terhadap kemampuan membaca pemahaman bahasa Mandarin pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Jombang tahun ajaran 2015/2016. 2) hasil pembelajaran penggunaan media Pleco (M-learning) terhadap kemampuan membaca pemahaman bahasa Mandarin pada siswa kelas XI SMK Negeri 2 Jombang tahun ajaran 2015/2016. 3) respon siswa terhadap penggunaan media Pleco (M-learning) terhadap kemampuan membaca pemahaman bahasa Mandarin pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Jombang tahun ajaran 2015/2016.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan metode kuantitatif yang bersifat deskriftif. Peneleitian ini berlangsung empat kali pertemuan. Dua kali di kelas kontrol dengan hanya berceramah dan dua kali dikelas eksperimen dengan menggunakan media Pleco (M-Learning).

Hasil penelitian dengan menggunakan media Pleco (M-Learning) dapat diketahui hasil analisis data yang dilakukan, diperoeh = 4,62 dan = 40 selanjutnya dikonsultasikan dengan melihat nilai tabel taraf 5% dengan harga = 4,62 dan = 40, maka diketahui bahwa harga = 2,02 menunjukkan t lebih besar dari t tabel (4,62>2,01). Harga signifikan. Dengan demikian analisis data hasil beajar siswa terbukti bahwa terdapat adanya perbedaan yang signifikansi antara kemampuan membaca pemahaman bahasa Mandarin menggunakan media Pleco (M-Learning) dengan hanya berceramah. Berdasarkan hasil angket pengguanaan media Pleco (M-Learning) pada kelas eksperimen bahwa 90% siswa dapat mempermudah membaca pemahaman wacana bahasa Mandarin, sebanyak 92% penggunaan media Pleco (M-Learning) dapat meningkatkan motivasi belajar membaca pemahaman bahasa Mandarin.

Penggunaan media Pleco (M-Learning) dapat mempermudah membaca pemahamanterhadap wacana bahasa Mandarin. Berdasarkan hasil angket respon siswa mendapatkan respon positif dari 21 siswa kelas XI TATA BOGA 2 SMK Negeri 2 Jombang dengan menggunakan media Pleco (M-Learning). Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai presentase pada setiap aspek pada angket respon siswa yaitu pada aspek pemahaman materi diperoleh sebesar 91%,91%,dan 94%, aspek proses pembelajaran diperoleh sebesar 91%, 94%, dan 88%, aspek hasil penggunaan media Pleco (M-Learning) terhadap kemampuan membaca pemahaman bahasa Mandarin diperoleh sebesar 90%,93%,88%,83%.

Keywords: Reading for Understanding, pleco

Reading for understanding skill is one of the four skills that is receptive and need a special attention in learning program.That is why student need teacher involvement to help, teach, broaden and increase their ability in reading for understanding skill. A media is need to create fun and interesting learning time. One of the media that can be use is Pleco (M-Learning) it can be use easily as a learning media.

Purpose of this research is to describe 1) Learning process by using Pleco as a learning media for 11th grade student in SMK Negeri 2 Jombangin reading for understanding Chinese Language (Mandarin). 2) The result of learning by using Pleco as a learning media for 11th grade student in SMK Negeri 2 Jombang in reading for understanding Chinese Language (Mandarin). 3) Student’s respond after using Pleco as a learning media for 11th grade student in SMK Negeri 2 Jombangin reading for understanding Chinese Language (Mandarin).

This research is an experiment research that use descriptive quantitative method. There are four meetings for this research, two control class meetings that only explaining the subject and two experiment classes using Pleco (M-Learning) as a media.

Result analysis data that I get about using Pleco as learning media is = 4,62 and = 40 then consult it with looking at [nilai table taraf] 5% with price = 4,62 dan = 40, we can know that the price = 2,02 showing t is bigger than table t (4,62>2,01).’s price is significant. From this result we can conclude that there is a significant difference between using pleco as learning media and only listen to the teacher’s explanation in reading for understanding skill. From the result of (angket) using pleco as learning media in experiment class, 90% students can easily understand the content of a material in mandarin and 92% of using pleco as learning media can increase the motivation to learn and understand mandarin.

Published
2016-07-21
How to Cite
PINASTIKA, W. (2016). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PLECO (M-LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA MANDARIN SISWA SMK NEGERI 2 JOMBANG. Jurnal Bahasa Mandarin, 1(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/16048
Section
Articles
Abstract Views: 113
PDF Downloads: 86