Pengaruh Penggunaan Media Permainan Crossword Puzzle Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Mandarin Pada Siswa Kelas X Akuntansi SMK Sejahtera Surabaya

  • FITRIAH HANDAYANI

Abstract

Abstrak

Penguasaan kosakata adalah hal mutlak dalam keterampilan berbahasa. Namun kosakata bahasa Mandarin yang dikuasai siswa-siswi kelas X Akuntansi SMK Sejahtera Surabaya sangat terbatas. Maka dari itu dibutuhkan upaya untuk memudahkan siswa dalam pembelajaran kosakata bahasa Mandarin sehingga lebih mudah menggunakan bahasa Mandarin dalam lisan maupun tulisan, yakni dengan menerapkan media permainan Crossword Puzzle saat pembelajaran. Media permainan Crossword Puzzle yang sering digunakan siswa diharapkan memiliki pengaruh dalam pembelajaran penguasaan kosakata bahasa Mandarin.

Berdasarkan latar belakang, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan media permainan Crossword Puzzle dalam pembelajaran kosakata bahasa Mandarin pada siswa kelas X Akuntansi SMK Sejahtera Surabaya ; bagaimana pengaruh penggunaan permainan Crossword Puzzle terhadap penguasaan kosakata bahasa Mandarin pada siswa kelas X Akuntansi SMK Sejahtera Surabaya; bagaimana respon siswa kelas X Akuntansi SMK Sejahtera Surabaya terhadap penggunaan permainan Crossword Puzzle dalam pembelajaran kosakata bahasa Mandarin.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan jenis Pretest-Posttest Control Grup Design. Sampel penelitian ini adalah kelas X Akuntansi 2 sebagai kelas kontrol dan X Akuntansi 3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 72 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes, dan angket.

Analisis data observasi yang dilakukan oleh guru mata pelajaran Bahasa Mandarin memperoleh hasil 92,55% pada lembar observasi pertemuan pertama dan 94,31% pada lembar observasi pertemuan kedua. Dengan demikian, penerapan media permainan crossword puzzledalam pembelajaran kosakata bahasa Mandarin siswa kelas X Akuntansi SMK Sejahtera Surabaya dianggap sudah memenuhi kriteria “sangat kuat”. Pada analisis statistik data diperoleh hasilthitung= 4,80 dan db= 70, dengan taraf signifikan 5%. Dengan thitung= 4,80 dan db= 70, maka diketahui bahwa harga ts0,05= 2,00 menunjukkan t lebih besar dari pada t table (4,80 ≥ 2,00) yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil angket respon siswa pada penggunaan permainan Crossword Puzzle terhadap penguasaan kosakata sangat menarik minat siswa dan membantu siswa dalam memahami dan menguasai kosakata bahasa Mandarin yang dianggap sangat sulit. Hal ini menunjukkan respon positif dengan rata-rata nilai yang diperoleh kisaran nilai 61%-80% dan 81%-100% yang menunjukkan kriteria penilaian “kuat” dan “sangat kuat”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media permainan Crossword Puzzle berpengaruh pada penguasaan koskata bahasa Mandarin siswa kelas X Akuntansi SMK Sejahtera Surabaya.

Kata Kunci: bahasa Mandarin, penguasaan kosakata, permainan Crossword Puzzle.

Abstract

Vocabulary is essential in language skills. However chinesse vocabulary controlled students of class X accounting SMK Sejahtera Surabaya is very limited. Therefore it takes an effort to improve the mastery of chinesse vocabulary makit it easier to use the chinesse language in spoken ang writen by apptying a crossword puzzle game media when learning. Crosswrod puzzle game media in considering to have influence in learning, so that crossword puzzle game media that is often used by students considered to have an influence on chinesse vocabulary learning.

Based on the background above the problem in this research are; (1) how the aplication of crossword puzzle on learning chinesse vocabulary in class X accounting SMK Sejahtera Surabaya; (2) how does the use of crossword puzzle game on chinesse vocabulary in class X accounting SMK Sejahtera Surabaya; (3) how the respon X accounting students of SMK Sejahtera Surabaya againts crossword puzzle game in learning chinesse vocabulary.

This study was an experimental study using quantitative methods and using true experimental design for their control class and experiment class as a comparison so that the result obtained can be know for certain. The sampel was grade X accounting 2 as control class and X accounting 3 as experiment class. Data collection techniques used in this study is observation techniques, testing, and questionnaires.

Data analysis of observations made by the subject mandarin teacher obtain the result of 92,55% on the observation sheet first meeting and 94,33% on the observation sheet second meeting. Therefore, the aplication of crossword puzzle game on learning chinesse vocabulary in class X accounting SMK Sejahtera Surabaya considered to meet the criteria of “very strong”. On statistical data analysis the result is t= 4,80 and db= 70, with the significant level 5%. With t= 4,80 dan db= 70, so it is known that ts0,05= 2,00 show t is greater than t tabel (4,80 ≥ 2,00) which means H0 rejected and H1 accepted. The result of the analysis of student questionnaire responses of chinesse vocabulary ability using crossword puzzle game very interesting students and help students to understand and master the chinesse language vocabulary which is considered very difficult. It showed a positive response to the average values obtaned range of values 61%-80% and 81%-100% which indicates the assesment criteria “strong” and “very strong”. So, it can be concluded that the use of crossword puzzle game effect on chinesse vocabulary ability in class X accounting students of SMK Sejahtera Surabaya.

Keywords: Chinesse language, Chinesse vocabulary ability, crossword puzzle game.

Published
2016-07-26
How to Cite
HANDAYANI, F. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Permainan Crossword Puzzle Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Mandarin Pada Siswa Kelas X Akuntansi SMK Sejahtera Surabaya. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 1(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/16316
Section
Articles
Abstract Views: 62
PDF Downloads: 365