PENGARUH PENGGUNAAN BUKU TEKS《 汉字识写课本 上》 TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS AKSARA HAN SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK SEJAHTERA SURABAYAThe influence of usingthe text book 《汉字识写课本上》on the 10th grade Accountant’s student of SMK Sejahtera Surabaya’ writing the Han letters ability

  • RUKMANA

Abstract

ABSTRAK

Pengaruh Penggunaan Buku Teks汉字识写课本上》terhadap Kemampuan Menulis Aksara Han Siswa Kelas X AkuntansiSMK Sejahtera Surabaya

Nama: Rukmana

NIM: 12020774215

Jurusan : S1 Pendidikan Bahasa Mandarin

Fakultas : Bahasa dan Seni

Lembaga: Universitas Negeri Surabaya

Pembimbing : 1. Dr. Mintowati, M.Pd

2. Galih Wibisono B.A M.Ed

Tahun : 2016

Kata Kunci : Buku teks 《汉字识写课本上》, menulis aksara Han, guratan, langkah guratan, radikal

Bahan ajar memiliki banyak bentuk dan masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan. Setiap guru harus benar-benar jeli dalam memilih dan memanfaatkan bentuk-bentuk bahan ajar. Pada penelitan ini, peneliti menelitipengaruh penggunaan buku teks《汉字识写课本上》 terhadap kemampuan menulis aksara Han siswa kelas X Akuntansi SMK Sejahtera Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan penerapan buku teks《汉字识写课本上》dalam pembelajaran menulis aksara Han, pengaruh penggunaan buku teks 《汉字识写课本上》dan respon siswa terhadap penggunaan buku teks dalam pembeljaran menulis aksara Han.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Terdapat dua kelas yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen True Eksperimental Design dengan jenis Pretest-Posttest Control Group Design. Data yang digunakan merupakan hasil dari pre test dan post test selama penelitian berlangsung. Peneliti menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi, teknik tes, dan teknik angket.

Analisis data observasi yang dilakukan oleh Observer memperoleh hasil 80,76%(sangat baik) untuk pertemuan pertama dan 80,68% (sangat baik) untuk pertemuan kedua. Dengan demikian penerapan buku teks 《汉字识写课本上》dalam pembelajaran menulis aksara Han “Sangat Baik”. Pada analisis data, diperoleh hasil 7,69= 2,0399 untuk kelas kontrol dan 14= 2,0399 untuk hasil kelas eksperimen. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara Mpre dan Mpost kelas konrol dan kelas ekspermen. Adapun nilai tscore = 11,7yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan buku teks 《汉字识写课本上》berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis aksara Han siswa kelas X Akuntansi SMK Sejahtera Surabaya. Siswa kelas X Akuntansi SMK Sejahtera Surabaya “Baik” terhadap penggunaan buku teks 《汉字识写课本上》dalam pembelajaran menulis Aksara Han.

ABSTRACK

The influence of usingthe text book 《汉字识写课本上》on the 10th grade Accountant’s student of SMK Sejahtera Surabaya’ writing the Han letters ability.

Name: Rukmana

Student Number: 12020774215

College majors: S1 Pendidikan Bahasa Mandarin

Faculty: Bahasa dan Seni

University: Universitas Negeri Surabaya

Adviser: 1. Dr. Mintowati, M.Pd

2. Galih Wibisono B.A M.Ed

In the year: 2016

The learning material has several forms and each form has the negative and positive aspects.Every teacher must be careful in choosing and making the forms. In this research, the researcher wants to analyze the influence in the use text book 《汉字识写课本上》on the 10th gradeAccountant’s student of SMK Sejahtera Surabaya’writing the Han letters ability. The aim of this research is explaining the application of text book《汉字识写课本上》in the studying Han letters, the influence in using text book 《汉字识写课本上》and the response of the student in studying Han letters using the book.

The type of the research in this study is Quantitative research with an experiment approximation method. There are two classes used in this research, they are control class and experimental class. This research uses ‘True Experimental Design with the Pretest-Posttest Control Group Design. The data used in this research is the result from pretest and posttest. There are three techniques for applying the collection data, they are: observation, test and questionnaire.

In the first meeting, the result of this analysis, the researcher got 80,76% and got 80,68% in the second meeting.The application of the text book 《汉字识写课本上》in studying Han letters is “very good”. The result of the analysis are 7,69= 2,0399 for the control class and 14= 2,0399 for the experimental class. So, there are significant differences between Mpre and Mpost in the control class and experimental class. The t score that is got, is about 11,7. It means that there are significant differences of the result in the study between the control class and the experimental class. Based on the analysis can be concluded that the use of the text book《汉字识写课本上》has an influence to the capability ofthe 10th grade Accountant’s student of SMK Sejahtera Surabaya in writing the Han letters. They are ‘good’ for using the text book 《汉字识写课本上》in the studying of writing the Han’s letters.

Published
2016-08-01
How to Cite
RUKMANA,. (2016). PENGARUH PENGGUNAAN BUKU TEKS《 汉字识写课本 上》 TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS AKSARA HAN SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK SEJAHTERA SURABAYAThe influence of usingthe text book 《汉字识写课本上》on the 10th grade Accountant’s student of SMK Sejahtera Surabaya’ writing the Han letters ability. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 1(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/16544
Section
Articles
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 34