THE INFLUENCE OF “KOMUNIKATA” GAME TOWARDS VOCABULARY OF MANDARIN LANGUAGE IN CLASS X SMA YPPI 2 SURABAYA

  • NENSI ROSABELA M

Abstract

ABSTRAK

Kata kunci kosakata, permainan komunikata

Pembelajaran bahasa tidak terlepas dari penguasaan kosakata, karena kosakata berperan sebagai alat pengungkapan makna yang berupa gagasan, pendapat dan perasaan. Penguasaan kosakata merupakan salah satu unsur penting yang menunjang keempat keterampilan berbahasa, yaitu keterampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Sehingga semakin banyak kosakata yang dimiliki maka semakin besar pula kemungkinanterampil berbahasa.

Agar pembelajaran kosakata berjalan dengan baik, diperlukan media permainan komunikata dalam pembelajaran bahasa Mandarin. Media permainan komunikata berpotensi dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Mandarin siswa kelas X YPPI 2 Surabaya.

Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan pengaruh permainan komunikata dalam pembelajaran kosakata bahasa Mandarin siswa kelas X SMA YPPI 2 Surabaya. 2) untuk mendeskripsikan responsiswa dalam pembelajaran kosakata benda dengan media permainankomunikata.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan metode kuantitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini berlangsung selama empat kali pertemuan. Dua kali pada kelas kontrol (dengan metode ceramah) dan dua kali pada kelas eksperimen (dengan media permainan komunikata).

Berdasarkan proses pembelajaran bahasa Mandarin menggnakan media permainan komunikata dapat diketahui hasil analisis data yang dilakukan, diperoleh perhitungan hasil tersebut, to = 1,9 dan db = 39, selanjutnya dikonsultasikan dengan melihat nilai tabel taraf 5%. Dengan harga to = 1,9dan db = 39, maka diketahui bahwa harga ts = 0, 05 = 1,68 menunjukkan t lebih besar dari t tabel (1,68<1,9). Harga to signifikan. Dengan demikian, analisis data hasil belajar siswa terbukti bahwa terdapat adanya perbedaan signifikan antara kemampuan menghafal kosakata bahasa Mandarin menggunakan media permainan komunikata kelas eksperimen dengan metode ceramah pada kelas kontrol. Kemampuan menghafal kosakata bahasa Mandarin di kelas eksperimen mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

Pengaruh respon siswa digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadappenggunaan media permainan komunikata. Berdasarkan hasil angket pengguanaan media permainan komunikata pada kelas eksperimen bahwa 98% siswa dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Mandarin, sebanyak 97% dapat meningkatkan motivasi dalam belajar kosakata bahasa Mandarin.

ABSTRACT

Keywordsvocabulary, game, komunikata

Learning a language can not be separated from mastery the vocabulary, because vocabulary is an instrument to disclose meaning in the form of ideas, opinions, and feelings. Understanding vocabulary is one of the important elements of linguistic that support all four language skills; those are listening, speaking, reading, and writing skill. Vocabulary has a close relation with person’s mind. So, the more vocabulary possessed the more likely to skilled language.

In order to make learning vocabulary goes well, komunikata game media is required in learning Mandarin. Komunikata game media can potentially enhance the ability of YPPI 2 Surabaya’s first grade students in memorizing Mandarin vocabulary. The aims of this study are 1) to describe the influence of komunikata game in learning Mandarin towards SMA YPPI 2 Surabaya’s first grade students; 2) to describe student’s response in learning Mandarin using komunikata game as the media.

This study is an experimental research using quantitative method that is descriptive. This research occurred for four meetings, two meeting on control class (with lecture method) and two meetings on experimental class (with komunikata game).

Based on Mandarin language learning process using komunikata game as the media, the researcher obtained the following result, to = 1.9 anddb = 39 subsequently it is consulted by seeing the value table in the level of 5%. With the to = 1.9 anddb = 39, so it is known that ts = 0.05 = 1.68 shows that t is bigger than t of the table (1.68<1.9). The value of to is significant. Therefore, the analysis of students learning outcomes data prove that there are significant differences in the students’ ability to memorize vocabulary using the komunikata game media in experimental class with the lecture method in control class. Students’ ability in memorizing Mandarin vocabulary could improve students learning outcomes.

The influence of students’ responses used to find out the students’ responses towards the using of komunikata game as a media. Based on the questionnaire, the use of komunikata game as a media in experimental class shows that 98% students could increase their mastery of Mandarin vocabulary, and 97% students could increase their motivation in learning Mandarin vocabulary.

Published
2016-08-23
How to Cite
ROSABELA M, N. (2016). THE INFLUENCE OF “KOMUNIKATA” GAME TOWARDS VOCABULARY OF MANDARIN LANGUAGE IN CLASS X SMA YPPI 2 SURABAYA. Jurnal Bahasa Mandarin, 1(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/16927
Section
Articles
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 407