PENGARUH PENGGUNAAN KAMUS BERGAMBAR BAHASA MANDARIN TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 BRONDONG LAMONGAN

  • MOHAMMAD FATIH ZAKY H.

Abstract

Kata Kunci : kosakata, Mandarin, kamus bergambar bahasa Mandarin

Dalam mempelajari suatu bahasa mutlak diperlukan penguasaan kosakata untuk menunjang kemampuan berbahasa. Kosakata mempunyai peranan penting dalam kemampuan berbahasa karena muncul dalam setiap keterampilan berbahasa karena merupakan salah satu aspek kebahasaan yang harus diperhatikan dan dikuasai, guna menunjang kelancaran berkomunikasi dengan bahsa Mandarin, baik dalam ragam lisan maupun ragam tulisan. Didalam bahsa Mandarin, kosakta disebut cihui词汇. Didalam bahasa Mandarin terdapat jenis pembagian kosakata yaitu kata benda名词(mingci), kata kerja 动词(dongci), dan kata sifat形容词(xingrongci). Mengingat pentingnya penguasaan kosakata bahasa Mandarin, peranan guru sebagai pendidik dan pengajar harus bisa memotivasi siswa dalam pembelajaran bahasa Mandarin, jadi guru harus bisa mempersiapkan media yang bersifat menarik dan inovatif. Maka dari itu agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan tidak membosankan perlu adanya suatu media dalam mengajar. Salah satu media yang dapat digunakan adalah media kamus bergambar Bahasa Mandarin yang dapat digunakan dengan mudah dalam pembelajaran.

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) menjelaskan penggunaan kamus bergambar bahasa Mandarin dalam pembelajaran kosakata bahasa Mandarin pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Brondong Lamongan tahun ajaran 2015/2016. 2) mendeskripsikan pengaruh penggunaan kamus bergambar bahasa Mandarin pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Brondong Lmongan tahun ajaran 2015/2016. 3) mendeskripsikan respon siswa terhadap penggunaan kamus bergambar bahasa Mandarin siswa kelas X SMK Negeri 1 Brondong Lamongan.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan metode kuantitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini berlangsung empat kali pertemuan. Dua kali dikelas kontrol dengan menggunakan metode ceramah dan dua kali dikelas eksperimen dengan menggunakan media kamus bergambar bahasa Mandarin.

Dalam hal ini tatacara dalam penggunaan kamus bergambar bahasa Mandarin adalah Pada kegiatan awal siswa diberikan pre test terlebih dahulu untuk mengetahui penguasaan kosakata siswa sebelum diberi pengajaran menggunakan media. Kemudian Pada kegiatan awal peneliti membentuk beberapa kelompok kecil yang terdiri dari 5-6 orang, kemudian setelah itu peneliti membagikan kamus bergambar bahasa mandarin. Setiap kelompok diberi satu kamus bergambar bahasa mandarin. Setelah itu peneliti membahas salah satu topik dari kamus bergambar bahasa mandarin, topik yang akan dibahas adalah tentang makanan dan buah-buahan yaitu pada bab 3. Kegiatan selanjutnya yaitu memberikan permainan. Permainan yang digunakan adalah permainan tebak gambar, pada permainan tebak gambar ini peneliti memberikan soal yang berupa gambar yang ditampilkan pada slide power point. Lalu semua siswa diminta meriview apa yag telah diajarkan peneliti sebelumnya, kemudian diberikan soal post test.

Hasil penelitian dengan menggunakan media kamus bergambar bahasa Mandarin dapat diketahui hasil analisis data yang dilakukan, diperoleh harga = 3,27 dan = 44 selanjutnya dikonsultasikan dengan melihat nilai tabel taraf 5%. Dengan harga = 3,27 dan = 44 maka diketahui bahwa ts = 0,05 = 2,00 t lebih besar dari t tabel (3,27>2,00). Harga mengalami signifikansi. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan kamus bergambar bahasa Mandarin mempunyai pengaruh yang signifikansi terhadapa kelas eksperimen yaitu kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Brondong Lamongan.

Berdasarkan hasil angket penggunaan media kamus bergambar bahasa Mandarin pada kelas eksperimen bahwa 88% dengan menggunakan kamus bergambar bahasa Mandarin, siswa lebih dapat mengerti makna kosakata bahasa Mandarin, dan 88% dengan menggunakan kamus bergambar bahasa Mandarin siswa dapat mengingat dan menghafal kosakta dengan mudah.

Keywords: vocabulary, Mandarin, Mandarin language picture dictionary

In learning a language is absolutely necessary vocabulary to support proficiency. Vocabulary play an important role in the ability to speak to appear in every language skills because it is one of the aspects of language that must be considered and controlled, in order to support smooth communication with Mandarin language support, both in a variety of oral and written language. In the Mandari language support, vocabulary called 词汇 whoopee. In Mandarin there is the sharing type of vocabulary that is, nouns 名词 (mingci), verb 动词 (dongci), and the adjective 形容词 (xingrongci). Given the importance of Mandarin vocabulary, the role of teachers as educators and teachers should be able to motivate students in learning the Mandarin language, so teachers should be able to prepare the media that is both interesting and innovative. Therefore for learning to work well and not boring needs to be a media in teaching. One medium that can be used is the picture dictionary Mandarin media that can be used easily in learning. The purpose of this study were 1) to explain the use of a picture dictionary in learning Mandarin vocabulary in class X SMK Negeri 1 Lamongan Brondong academic year 2015/2016. 2) describe the effect of the use of a picture dictionary Mandarin in class X SMK Negeri 1 Brondong Lamongan the academic year 2015/2016. 3) describe the students'''' response to the use of a picture dictionary Mandarin class X SMK Negeri 1 Lamongan Brondong academic year 2015/2016.

This study was an experimental study using quantitative descriptive method. The study lasted four meetings. Twice in class control by using the lecture method and twice in class experiments using a picture dictionary Mandarin media.

In this case the procedure in the use of pictorial dictionary Mandarin is In the initial activity students were given pre-test beforehand to determine students'''' mastery of vocabulary before teaching by using the media. Then In the early activities of researchers form several small groups of 5-6 people, then after that researchers share a picture dictionary mandarin. Each group was given a picture dictionary mandarin. After the researchers discuss one of the topics of a picture dictionary mandarin, a topic that will be discussed is about the food and fruit that is in Chapter 3. The next activity is to give the game. Used games is a game of guessing the picture, the picture guessing game about which researchers provide an image displayed on a power point slide. Then all the students asked what it has taught meriview previous researchers, then given a post-test questions.

The results using a picture dictionary Mandarin media can be seen the results of data analysis, obtained price = 3.27 and = 44 further consulted with seeing the value table level of 5%. With the price of = 3.27 and = 44 it is known that ts = 0.05 = 2.00 t greater than t table (3.27> 2.00). Prices have significance. It can be concluded that the use of a picture dictionary Mandarin has significant influence terhadapa experimental class is class X Multimedia SMK Negeri 1 Lamongan Brondong.

Based on the results of questionnaires use a picture dictionary Mandarin media the experimental class that 88% by using a picture dictionary Mandarin, students better understand the meaning of the vocabulary of Mandarin, and 88% by using a picture dictionary Mandarin students can remember and memorize vocabulary easily.

Published
2016-10-13
How to Cite
FATIH ZAKY H., M. (2016). PENGARUH PENGGUNAAN KAMUS BERGAMBAR BAHASA MANDARIN TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 BRONDONG LAMONGAN. Jurnal Bahasa Mandarin, 1(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/17337
Section
Articles
Abstract Views: 76
PDF Downloads: 55