KESALAHAN PENULISAN HANZI SISWA KELAS X BAHASA SMAN 1 DRIYOREJO TAHUN AJARAN 2015 2016

  • A.GHULAM ZAKKY ZULKARNAIN

Abstract

Salah satu hal yang paling mendasar dalam berbahasa adalah penulisan. Penguasaan dalam hal penulisan sangat penting, karena tanpa adanya penulisan bahasa tidak akan sempurna. Selain itu besar kemungkinan untuk menggunakan bahasa yang berbeda atau bahasa asing, dan juga dengan huruf yang berbeda seperti bahasa Mandarin harus dikuasai kaidah atau tata cara menulis huruf Mandarin atau yang disebut hanzi dengan baik dan benar. Tanpa adanya penguasaan penulisan mungkin tidak akan terjadi suatu komunikasi yang lancar dalam berbahasa dan sangat penting untuk seorang pengajar. Dengan demikian peran tulisan sangat penting dan sangat membantu. Bahasa Mandarin merupakan bahasa asing yang belum banyak dipelajari sehingga masih butuh perhatian lebih, terutama pengajar harus mampu menyampaikan materi dengan jelas agar mampu diserap oleh siswa baik secara lisan maupun tulis. Selain itu yang harus dipelajari salah satunya mengenai penulisan huruf hanzi. Kesalahan-kesalahan yang terjadi pada penulisan para siswa sudah lumrah apalagi untuk penulisan huruf bahasa asing seperti huruf Mandarin yang disebut hanzi. Peneliti menggunakan subjek siswa kelas X Bahasa SMAN 1 Driyorejo.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang digunakan untuk menjelaskan masalah yang dihadapi sekarang. Metode deskriptif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data berupa kata-kata tertulis atau tulisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati, sedangkan metode deskriptif digunakan untuk menjabarkan atau memberikan uraian dari masalah yang dihadapi sehingga dapat dianalisis secara jelas sesuai dengan tujuan penelitian dan masalah yang dimaksud peneliti dalam penelitian ini adalah hasil tes penulisan huruf hanzi.

Siswa kelas X Bahasa SMAN 1 Driyorejo melakukan kesalahan pada penulisan berdasarkan bentuk kesalahan yaitu salah menuliskan huruf hanzi. Kesalahan ini terjadi pada soal nomor 8 romawi II pada urutan guratan hanzi 点 yaitu kurangnya penghafalan bentuk hanzi yang membuat bentuknya tidak sama dengan huruf hanzi yang semestinya. Kesalahan tersebut juga terjadi pada nomor 10 pada urutan guratan hanzi 可. Kesalahan-kesalahan penulisan aksara hanzi paling banyak ditemukan pada penulisan urutan guratan hanzi点 dan可. Ketidaktahuan akan aturan penulisan membuat siswa masih mengalami kesalahan pada soal itu. Kesalahan paling sedikit dari penulisan hanzi yang dilakukan oleh siswa kelas X SMAN 1 Driyorejo yaitu pada soal romawi II nomor 3 yaitu urutan guratan pada hanzi 下. Pada soal ini, sudah banyak siswa memahami cara penulisan dan urutan guratannya, karena hanzi下 tergolong hanzi yang mudah dan hanya memiliki sedikit guratan yaitu 3 langkah guratan.

Penyebab kesalahan penulisan hanzi oleh siswa kelas X Bahasa SMAN 1 Driyorejo yaitu bermacam-macam yaitu karena Siswa tidak memahami metode dan teknik penulisan hanzi dengan baik dan benar, lalu ada juga karena Siswa tidak mengerti urutan dan dasar-dasar tahapan penulisan hanzi dengan baik dan benar, Kurangnya latihan atau praktik menulis hanzi pada saat pelajaran jam bahasa Mandarin berlangsung, Siswa sering lupa dan susah menghafal tahapan urutan penulisan hanzi dan yang terakhir Guratan-guratan yang rumit dan membingungkan bagi siswa.

In the language the most fundamental thing is the writing. Mastery in writing is very important because without mastery of writing the language will not be perfect. Other than that most likely to use a different language or a foreign language, and also with a different letter as language MANDARIN must master the rules or ordinances write a mandarin character or called hanzi properly, without mastery of writing probably not going to happen good communication in speaking and it’s very important for a teacher. therefore the role of writing used is very important and very helpful. Mandarin is a foreign language that has not been learned too much, so that still needs more attention, especially from the teachers should be able to express clearly to be absorbed by the students both verbally and written. Other than that to be learned that one of the lettering hanzi. The errors that occur in the writing of students is commonplace especially for writing foreign languages ​​such as Chinese characters, called hanzi. Researchers used subjects in language class X SMAN 1 Driyorejo.

The method used in this research is descriptive research method. Descriptive research is research that is used to describe the problems facing now. Descriptive methodology is research procedures that produce data in the form of written words or writings of people and behaviors that can be observed. While the descriptive method is used to describe or provide a description of the problems encountered, so that it can clearly be analyzed according to the research objectives and the problems referred to by the researchers in this study is the result of the test writing hanzi letter.

Language class X SMAN 1 Driyorejo made a mistake in writing by the shape error is wrong to write letters hanzi. This error occurs in the problem number 8 on the word 点that is the lack of memorization hanzi shapes that make the shape is not the same with the letter hanzi appropriate. The fewest mistakes of writing hanzi performed by students of class X SMAN 1 Driyorejo is the matter of the Roman IV Number 3, namely stroke order on hanzi 下. In this matter has been a lot of students who understand how to write and stroke order, because hanzi 下 relatively easy and only had a little stroke that is 3 strokes.

The cause of error in writing hanzi by students of class X Language SMAN 1 Driyorejo is an assortment that is because students do not understand the methods and techniques of writing hanzi properly, then there is also because the students did not understand the order and the basics of stage writing hanzi properly , lack of exercise or practice writing hanzi during hours of Mandarin lessons take place, students often forget and hard to memorize the sequence of stages and the last hanzi writing Scars-stroke complicated and confusing for students.

Published
2016-12-29
How to Cite
ZAKKY ZULKARNAIN, A. (2016). KESALAHAN PENULISAN HANZI SISWA KELAS X BAHASA SMAN 1 DRIYOREJO TAHUN AJARAN 2015 2016. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 1(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/17947
Section
Articles
Abstract Views: 147
PDF Downloads: 129