KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN BERDIALOG SEDERHANA SISWA KELAS XI IBBU SMA NU 1 GRESIK

  • NUR ILMIA

Abstract

ABSTRAK

Pembelajaran suatu bahasa berkaitan erat dengan dialog. Dialog penting dalam keterampilan berbahasa yang harus dimiliki. Oleh Karena itu, seorang pendidik harus memilih media pembelajaran yang tepat untuk memudahkan siswa untuk meningkatkan kemampuan berdialog. Agar pembelajaran berjalan dengan baik peneliti memilih media flashcard untuk digunakan dalam pembelajaran berdialog sederhana. Media flashcard berpotensi dapat meningkatkan kemampuan berdialog sederhana siswa kelas XI IBBU SMA NU 1 Gresik. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana keefektifan penggunaan media flashcard terhadap kemampuan berdialog sederhana siswa kelas XI IBBU SMA NU 1 gresik. 2) Bagaimana penggunaan media flashcard dalam proses pembelajaran berdialog sederhana. 3) Bagaimana respon siswa mengenai media flashcard terhadap kemampuan berdialog sederhana siswa kelas XI IBBU SMA NU 1 Gresik.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan metode kuantitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini berlangsung selama dua kali pertemuan. Dua kali pertemuan dilakukan di kelas eksperimen, karena tidak terdapat kelas kontrol dalam penelitian ini. Dua kali pertemuan menggunakan perlakuan dengan media flashcard.

Hasil penelitian ini meliputi 1) Hasil nilai pretest dan posttest diketahui bahwa terjadi peningkatan signifikan antara nilai pretest dan posttest. Nilai pretest mendapat hasil rata-rata 56,13 sedangkan nilai posttest mendapat rata-rata 85,34. 2) Pembelajaran bahasa Mandarin menggunakan media flashcard terhadap peningkatan kemampuan berdialog sederhana signifikan dengan hasil t-tabel (2,05<4,79). Penggunaan media flashcard terbukti efektif terhadap peningkatan kemampuan berdialog sederhana. 3)Hasil respon siswa terhadap penggunaan media flashcard membantu siswa dalam menyusun dialog sederhana hasil angket respon ini mendapat respon positif dari siswa menyatakan “sangat setuju” sebanyak 28% dan “setuju sebanyak 49% pada kelas eksperimen yaitu kelas XI IBBU SMA NU 1 Gresik. Siswa sangat termotivasi dalam pembelajaran bahasa Mandarin

Kata kunci : Keefektifan, Media pembelajaran, Media flashcard, Dialog.

ABSTRACT

Language learning is very closely related to the dialogue. Dialogue has an important role in language learning.Therefore, the teacher must select appropriate learning media to facilitate students towards dialogue ability students. So that, the researcher choose a flashcard media to apply in teaching learning especially in simple dialogue. Flashcard media has a positive influence toward increase simple dialogue ability students in class XI IBBU SMA NU 1 Gresik.

Problem of formulation in this research are: 1) how the effectiveness the learning process the use of flashcard media on the simple dialogue ability in class XI IBBU SMA NU 1 Gresik? 2) How the learning process the use of flashcard media on the simple dialogue ability? 3) How is the response of students to the use of flashcard media on the ability of simple dialogue in class XI IBBU SMA NU 1 Gresik ?

This study was an experimental study using quantitative descriptive method. The study lasted twice meetings. Two meetings conducted in the experimental class, because there was no control group in this study. This research using treatment with flashcard media.

The result of this study include 1) the result of the pretest and posttest is known that a significant increace between the pretest and posttest. The result pretest average value of 56.13 while posttest average value of 85.34. Learning the Chinese language using flashcard media on the simple dialogue ability significantly with the results of the analysis t-table (2,05< 4,79). The use flashcard media proved to be very effective toward the increase in the ability of simple dialogue. The results of students' response to media use flashcard help students in preparing a simple dialogue results of this questionnaire responses received a positive response from the students stating "strongly agree” 28%” and “agree” as much as 49% in class experiments that XI IBBU SMA NU 1 Gresik. Highly motivated students in learning mandarin.

Published
2017-01-05
How to Cite
ILMIA, N. (2017). KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN BERDIALOG SEDERHANA SISWA KELAS XI IBBU SMA NU 1 GRESIK. Jurnal Bahasa Mandarin, 2(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/18042
Section
Articles
Abstract Views: 56
PDF Downloads: 64