Pengaruh Media Permainan Black Box terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Mandarin pada Peserta Didik Kela X Jurusan Usah Perjalanan Wisata (UPW) SMK Negeri 6 Surabaya

Authors

  • DEWI ANGGRAENI

Abstract

Abstrak

Dasar untuk mempelajari bahasa asing adalah penguasaan kosakata. Penguasaan kosa kata sangat penting peserta didik pelajari khusunya bahasa Mandarin. Maka dari itu, dengan menguasai kosakata peserta didik dapat menulis, membaca, berbicara dan mendengarkan dalam bahasa Mandarin.

Media pembelajaran juga sangat penting pada proses pembelajaran. Dengan media pembelajaran pesera didik akan menjadi lebih mudah memahami pelajaran yang akan diajarkan oleh guru mereka. Media permainan Black Box merupakan media permainan yang dapat membantu perserta didik untuk menguasai kosakata bahasa Mandarin. Dengan menggunakan media permainan Black Box peneliti berharap untuk memudahkan peserta didik menguasai kosaka dengan baik. Penelitian ini menggunakan penelitian True-Experimental Design dalam bentuk Pre-test-Post-test Control Group Design.

Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X di SMK Negeri 6 Surabaya. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas X UPW-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X UPW-2 sebagai kelas kontrol.

Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh setelah menghitung t-test adalah t0= 5.47 dan db= 74, kemudian dengan melihat table nilai taraf 5%. Dengan t0= 5,47 dan db= 74, maka diketahui bahwa harga ts0,05= 1,66 menunjukkan t lebih besar dari pada t table (5,47 ≥ 2.00). Dengan demikian hipotesis no (H0) tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen ditolak. Sedangkan hasil alternatif (Ha) yang berbunyi ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa media permainan Black Box terhadap penguasaan kosakata bahasa Mandarin mempunyai pengaruh yang signifikansi terhadap kelas eksperimen yaitu kelas X UPW-1 di SMK Negeri 6 Surabaya dengan kelas kontrol yang menggunakan media Power Point (PPT).

Penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan media permainan Black Box sangat berpengaruh terhadap penguasaan kosakata bahasa Mandarin. Hal ini dapat dilihat pula dari hasil angket siswa dengan presentase 82 % peserta didik lebih mudah mengingat kosakata dengan baik mulai dari tulisan hanzi dan pinyin dengan menggunakan media permainan Black Box. Respon yang sangat positif ini dilihat dari angket butir soal nomor empat yaitu peserta didik menjadi mudah mengingat penulisan hanzi dan pinyin dengan menggunakan media permainan Black Box.

Kata Kunci : Kosakata, Media Permainan, Black Box

Abstract

Basis for studying a language is the mastery of vocabulary. Mastery of vocabulary is very important to learn a foreign language especially Mandarin. therefore with the vocabulary we can employ four language skils are writing, reading, speaking and listening.

Learning of media is also very important in learning proses. Learning of media will be easier to understand the lessons to be taught by their teachers. Media Black Box game is a media game that can help every students to learn the vocabulary of Mandarin. Using the media Black Box game researchers hope to enable learners the vocabulary of Mandarin can be well. This study uses True-Experimental Research Design with Pre-test-post-test Control Group Design.

The population in this study were students of class X in SMK Negeri 6 Surabaya. And than, the sample is a class X UPW-1 as an experimental class and class X UPW-2 as the control class.

Based on the analysis of data obtained after calculating the t-test is t0 = 5.47 and db = 74, then by looking at the table the value level of 5%. With t0 = 5.47 and db = 74, it is known that the price ts0,05 show t = 1.66 is greater than t table (5.47 ≥ 2:00). Thus the hypothesis of no (H0) there was no significant difference between the results of classroom learning control and the experimental class rejected. While the results of the alternative (Ha) which says there is a significant difference between the results of classroom learning control and the experimental class received. It can be concluded that the media play Black Box against Chinese vocabulary has significant influence on the experimental class is class X UPW-1 at SMK Negeri 6 Surabaya with control classes using media of Power Point .

This study shows that using the media of Black Box is very influential of Mandarin vocabulary than using media of Power Point. This can also be seen from the results of the questionnaire students with a percentage of 82% of students easier to remember vocabulary very well start from writing hanzi and pinyin using the media of Black Box game. A very positive response is seen from the number four questionnaire items is the students can learn easier to remember how to writing hanzi and pinyin using the media of Black Box game.

Key words : Vocabulary, Game, Black Box

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-01-05

How to Cite

ANGGRAENI, D. (2017). Pengaruh Media Permainan Black Box terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Mandarin pada Peserta Didik Kela X Jurusan Usah Perjalanan Wisata (UPW) SMK Negeri 6 Surabaya. Jurnal Bahasa Mandarin, 1(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/18043

Issue

Section

Articles
Abstract views: 36 , PDF Downloads: 22