KEEFEKTIFAN PENERAPAN METODE PERMAINAN QUICK ON THE DRAW UNTUK PENGUASAAN PENULISAN HANZI DASAR PADA SISWA KELAS X-TATA BOGA 2 SMK YPM 2 TAMAN SEPANJANG SIDOARJO TAHUN AJARAN 2016-2017

  • FINDHARNI ECHA ARIFIN

Abstract

Abstrak

Penguasaan menulis dapat memperlancar proses komunikasi dan pemahaman siswa dalam menerima materi yang diberikan oleh guru dalam pembelajaran bahasa Mandarin khususnya dalam pembelajaran penulisan huruf Hanzi dasar. Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi kendala dalam penguasaan penulisanHanzi dasar pada siswa kelas X Tata Boga 2 SMK YPM 2 Taman Sepanjang Sidoarjo.Pada penelitian ini dilakasanakan di SMK YPM 2 Taman Sepanjang Sidoarjo karena dari pengalaman Program Pengelolaan Pembelajaran (PPP) di SMK YPM 2 Taman Sepanjang Sidoarjo kebanyakan para siswa mengalami kendala menulis hanzi saat ulangan. Oleh karena itu, dengan adanya metode permainan Quick on the Draw ini yang diterapkan dalam proses pembelajaran dapat membuat siswa termotivasi dalam pembelajaran bahasa Mandarin sehingga tidak mengalami kendala dalam proses pembelajaran di kelas.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode permainan Quick on the Draw untuk penguasaan penulisan Hanzi dasar dalam pembelajaran Bahasa Mandarin serta mendeskripsikan keefektifan penerapan metode permainan Quick on the Draw terhadap penulisanHanzi dasar dan juga mendeskripsikan respon siswa metode permainan Quick on the Draw untuk penguasaan penulisanHanzi dasar bahasa Mandarin.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis rancangan penelitian true experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK YPM 2 Taman Sepanjang Sidoarjo tahun ajaran 2016/2017 dengan sampel kelas X Tata Boga 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X Tata boga 2 sebagai kelas eksperimen.

Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan diperoleh perhitungan perbedaan hasil yakni t0= 10 dan db= 74, selanjutnya dikonsultasikan dengan melihat nilai tabel taraf 5%, maka diketahui bahwa harga ts= 0,05 = 1,99 menunjukkan t lebih besar dari t tabel (1,99 < 10). Harga t0 signifikan, menunjukkan adanya perbedaan antara nilai hasil tes kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode permainan Quick on the Draw mempunyai pengaruh positif untuk penguasaan penulisan Hanzi dasar terhadap siswa kelas eksperimen yakni kelas X Tata boga 2 SMK YPM 2 Taman Sepanjang Sidoarjo.

Berdasarkan hasil analisis angket respon siswa diketahui bahwa penggunaan penerapan metode permainan Quick on the Draw sangat efektif dalam pembelajaran bahasa Mandarin khususnya penguasaan penulisan huruf hanzi dasar. Sebanyak 31,57% siswa mengatakan pemahaman materi sangat kesulitan dalam menghafal urutan dan goresan huruf Hanzi, sebanyak 31,57% siswa mengatakan pemahaman materi sangat kesulitan dalam penulisan Hanzi dasar, sebanyak 52,63% siswa mengatakan proses pembelajaran menggunakan metode permainan Quick on the Draw sangat membantu untuk mempelajari penulisan huruf Hanzi dasar, sebanyak 39,47% siswa mengatakan proses pembelajaran menggunakan metode permainan Quick on the Draw sangatlah membantu untuk menyelesaikan tugas/tes dari guru secara individu maupun kelompok, dan sebanyak 39,47%siswa mengatakan penggunaan metode permainan Quick on the Draw sangatlah efektif dalam pembelajaran penguasaan penulisanHanzi dasar, sebanyak 65,78% siswa mengatakan proses pembelajaran menggunakan metode permainan Quick on the Draw sangatlah membantu untuk menyelesaikan tugas/tes dari guru secara individu maupun kelompok, dan sebanyak 65,78% siswa mengatakan penggunaan metode permainan Quick on the Draw sangatlah termotivasi dalam pembelajaran penguasaan penulisan Hanzi dasar.

Kata Kunci : Metode, Penguasaan, Penulisan, Quick on the Draw, Hanzi

Abstract

Control wrote to expedite the process of communication and understanding of students in receiving the materials provided by the teacher in the learning of Chinese language, especially in the writing of the letter Hanzi basis. This study was done to overcome the difficulties in mastering basic Hanzi writing letters in class X SMK YPM 2 Tata Boga 2 Taman Sepanjang Sidoarjo. In this study implement in SMK YPM 2 Taman Sepanjang Sidoarjo because of the experience of Program Management Education (PPP) in SMK YPM 2 Parks Throughout Sidoarjo most of the students have problems trouble writing Hanzi current tests Therefore, with the method of the game Quick on the Drawis applied in the learning process can make students motivated in learning the Chinese language soas not to experience difficulties in the learning process in the classroom.

The purpose of this study was to describe the influence of game method Quick on the Drawto improve the mastery of writing letters Hanzi basis in learning Chinese language and to describe the effectiveness of methods of game Quick on the Drawto improve the mastery of writing letters Hanzi base and also describe student response game method Quick on the Draw to improve the mastery of basic Hanzi letter writing Mandarin.
This research is a quantitative research using a type of quasi-experimental research true experimental design. The population in this study were students of SMK YPM 2Taman Sepanjang Sidoarjo 2016/2017 with a sample class X Tata Boga 1 as the control class and class X Tata Boga 2 as theexperimental class.
Based on the analysis that has been done obtained by calculating the difference in results t0 = 10 and db = 74, then consulted with the saw table value level of 5%, it is known that the price ts = 0.05 = 1.99 indicates t is greater than t table (1.99 <10). Price t0 significant, showed a difference between the value of the test results and the experimental class control class. This shows that by using the game Quick on the Draw has a postivive influence to improve the mastery of basic Hanzi writing letters to the experimental class students of class X Tata Boga 2 SMK YPM 2 Taman Sepanjang Sidoarjo.

Based on analysis of student questionnaire responses note that the use of methods of game Quick on the Draw is very effective in learning the Chinese language, especially the mastery of basic Hanzi writing letters. A total of 31.57% of the students said understanding the material is very difficult to memorize the order and scratches letters Hanzi, as much as 31.57% of the students said the difficulties in understanding the material very basic Hanzi writing letters, as many as 52.63% of the students said the learning process using the game Quick on the Draw is helpful to learn the basic Hanzi writing letters, as many as 39.47% of the students said the learning process using the game Quick on the Draw is helpful to complete the task/test teacher individually or in groups, and as much as 39.47% of students said they use game method Quick on the Draw is very effective in learning the mastery of basic Hanzi writing letters, as many as 65.78% of the students said the learning process using the game Quick on the Draw is helpful to complete the task / test teacher individually or in groups, and as many as 65, 78% of students said that the use of methods of game Quick on the Draw is motivated in learning the mastery of basic Hanzi writing letters.

Keywords : Methods, Control, Writing, Quick On The Draw, Hanzi

Published
2017-01-05
How to Cite
ECHA ARIFIN, F. (2017). KEEFEKTIFAN PENERAPAN METODE PERMAINAN QUICK ON THE DRAW UNTUK PENGUASAAN PENULISAN HANZI DASAR PADA SISWA KELAS X-TATA BOGA 2 SMK YPM 2 TAMAN SEPANJANG SIDOARJO TAHUN AJARAN 2016-2017. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 2(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/18048
Section
Articles
Abstract Views: 72
PDF Downloads: 51