KESALAHAN PENULISAN URUTAN GURATAN HURUF 汉字(hànzì) PADA SISWA KELAS VIII SMP YPPI 1 SURABAYA TAHUN AJARAN 2014/2015

  • RIA AYU NOVIANA

Abstract

Abstrak

Sebagai pembelajar awal bahasa Mandarin tidak lepas dari kesalahan berbahasa. Terutama dalam menulis hanzi sesuai dengan tata urutan guratan aksara China. Kesalahan tersebut dianalisis dan dideskripsikan berdasarkan bentuk dan faktor penyebab kesalahannya. Supaya kesalahan tersebut tidak terjadi secara berulang-ulang. Dalam penelitian ini peneliti hanya fokus pada komponen menulis yaitu menulis urutan guratan hanzi.Penelitian ini menganalisis bentuk kesalahan dan faktor penyebab terjadinya kesalahan dalam penulisan urutan guratan huruf hanzi pada siswa kelas VIII SMP YPPI 1 Surabaya.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes tulis dan angket yang dianalisis berdasarkan teknik analisis data. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah mengumpulkan data, mengklasifikasi data, memberi tanda (*) , mendeskripsikan kesalahan, memperingkat kesalahan, dan mencari penyebab.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk kesalahan yang dilakukan subjek penelitian terletak pada penulisan urutan guratan hanzi dan menghitung jumlah guratan hanzi yang disebabkan oleh faktor performansi atau “mistake” dan faktor kompetensi atau “errors”.

Faktor penyebab terjadinya kesalahan dapat disimpulkan bahwa bentuk kesalahannya adakah 笔画(goresan) dan 笔顺(urutan guratan). Selanjutnya kesalahan siswa terjadi disebabkan oleh faktor performansi atau “mistake” yaitu sebanyak 57,5% yang terdapat pada soal bagain II dan III, sedangkan faktor kompetensi atau “errors” sebanyak 47,5% yang terdapat pada soal bagian I.

Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Menulis Hanzi, bihua

Abstract

As beginner, the mistake in learning Mandarin is inevitable. Especially writing hanzi in correct and proper manner. Those mistakes were analyzed and described based on cause aand form of mistake. In order to prevent the mistake happen in sequence.This research is focus in writing section, especially writing hanzi letter. This research analyzing the main factor leading to incorrectness in writing hanzi letter, with student of SMP YPPI I Surabaya as subject.

This research using decriptive-qualitaive method, whilst utilizing writing test and giving away questionnaire as the main technic. In case of analyzing data, this research employing several technics such as collecting data, data classification, giving (*) marking, describing mistakes, rank the mistakes, and revealing the cause of error.

Based on this research, the results show that the mistakes conducted by the subjects were laid in sequence of hanzi letter and miscalculating the number of hanzi letter that triggered by performance factor or "mistake" and competency factor or "error".

The causes of errors can be conclussion that the mistakes emerge in form of笔画(writing) and笔顺(sequence).Next, the percentage of students mistake because of performance factor or "mistake" is 57,5%, this happen in chapter II and chapter III of the test, whilst the competency factor or "errors" having 47,5% in chapter I of the test.

Keywords: error analyze, writing Chinese characters, bihua

Published
2017-01-05
How to Cite
AYU NOVIANA, R. (2017). KESALAHAN PENULISAN URUTAN GURATAN HURUF 汉字(hànzì) PADA SISWA KELAS VIII SMP YPPI 1 SURABAYA TAHUN AJARAN 2014/2015. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 2(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/18052
Section
Articles
Abstract Views: 354
PDF Downloads: 555