Pengaruh Penggunaan Media Flanel terhadap Pembelajaran Menulis Hanzi pada Siswa Kelas X Bahasa SMA Negeri 1 Driyorejo Tahun Ajaran 2016/2017

Authors

  • RIZKY ADY NURLAILY

Abstract

Abstrak

Menulis hanzi merupakan salah satu keterampilan dalam bahasa Mandarin dengan menggoreskan beberapa guratan dengan memperhatikan urutan goresan dan jumlah goresan yang baik dan benar. Menulis hanzi merupakan aspek yang cukup sulit dalam mempelajari bahasa Mandarin karena dalam penulisan hanzi harus sesuai dengan aturan urutan penulisan yang benar. Pembelajaran yang monoton akan membuat siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pelajaran. Oleh karena itu, penggunaan media flanel digunakan untuk mendeskripsikan pengaruh positif media dalam pembelajaran menulis hanzi pada siswa kelas X Bahasa SMA Negeri 1 Tahun Ajaran 2016 / 2017. Penelitian ini memiliki tiga rumusan masalah yaitu1) bagaimana penerapan media flannel terhadap pembelajaran menulis hanzi, 2) bagaimana hasil pembelajaran dengan menggunakan media flannel terhadap pembelajaran menulis hanzi, 3) bagaimana respon siswa kelas X Bahasa terhadap pembelajaran menulis hanzi dengan menggunakan media flanel.

Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental dengan bentuk one group pre-test post-test design, yaitu dengan menggunakan satu kelas saja sebagai subyek penelitian. Dalam penelitian ini terdapat tiga data yaitu lembar observasi aktivitas guru dan siswa, data pre-test dan post-test serta angket respon siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 1 Driyorejo, sedangkan sampel penelitian adalah kelas X Bahasa SMA Negeri 1 Driyorejo.

Berdasarkan hasil analisis data, penelitian initelah menjawab ketiga rumusan masalah sebagai berikut:1) hasil observasi berdasarkan perhitungan skor skala Likert menunjukkan kategori sangat baik pada aktivitas guru pertemuan pertama dengan skor 82,50%, dan pada aktivitas guru pertemuan kedua dengan skor 87,50%. Lembar observasi aktivitas siswa menunjukkan kategori sangat baik pada pertemuan pertama dengan skor 87,50%, dan pertemuan kedua dengan skor 95%. 2) Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan t-signifikasi diperoleh 7,5 > t (0,05,db) = t (0,05;24) = 1,2. Nilai tersebut lebih besar daripada nilai tabel, menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara nilai H0 dan H1. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media flannel berpengaruh signifikan terhadap pembelajaran menulis Hanzi pada siswa kelas X Bahasa SMA Negeri 1 Driyorejo. 3) Berdasarkan hasil analisis angket respon siswa diketahui bahwa kelebihan media flannel lebih menonjol yaitu sebesar 98,4% dari 25 siswa berpendapat bahwa media flannel berpengaruh positif, sedangkan kekurangan media flannel pada angket respon siswa hanya memperoleh 4% dari 25 siswa. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media flanel mendapatkan respon positif dari siswa.

Kata Kunci :Media Pembelajaran, Flanel, Hanzi

Abstract

Hanzi Writing is one of those skills in Mandarin by scraping a few strokes with regard to the order number of scratches and scrapes is good and right. Hanzi writing is an aspect that is quite difficult to learn Mandarin because in writing hanzi must conform to the rules of correct writing sequence. Learning monotony will make students less eager to follow the lessons. Therefore, the use of media flannel used to describe the positive influence of media in teaching writing hanzi on X SMA Languageclass in Driyorejo Academic Year 2016/2017.

This study has three formulation of the problem, namely, 1) how the application of media flannel against the teaching of writing hanzi, 2) how the results of learning by using media flannel against the teaching of writing hanzi, 3) how the response of the class X Language of the teaching of writing hanzi using media flannel. This research is a form of pre-experimental with one group pre-test post-test design, using one class only as research subjects. In this study, there are three pieces of data that the teacher and student activity observation, the data pre-test and post-test and student questionnaire responses. The study population was the whole class X SMA Negeri 1 Driyorejo, while the sample is a language class X SMA Negeri 1 Driyorejo .

Based on the results of data analysis, this research has answered the third formulation of the problem as follows: 1) the results of observations based on the calculation Likert scale scores showed very good category at the first meeting with the teacher activity score of 82.50%, and at the second meeting with the teacher activity score of 87, 50%. Student activity observation sheet shows very good category at the first meeting with a score of 87.50%, and a second meeting with a score of 95%. 2) Based on calculations using the t-signification gained 7.5> t (0.05, db) = t (0.05; 24) = 1.2. This value is greater than the value table, showing no significant difference between the values ??H0 and H1. Thus, it can be concluded that the media flannel significant effect on learning to write Hanzi in language class X SMA Negeri 1 Driyorejo .3) Based on the analysis of student questionnaire responses is known that excess flannel media is more prominent in the amount of 98.4% from the 25 students found flannel media a positive effect, while the lack of media flannel on a student questionnaire responses only received 4% of 25 students. Thus, it can be concluded that the media flannel get a positive response from students.

Keywords: Media Education, Flannel, Hanzi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-01-09

How to Cite

ADY NURLAILY, R. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Flanel terhadap Pembelajaran Menulis Hanzi pada Siswa Kelas X Bahasa SMA Negeri 1 Driyorejo Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Bahasa Mandarin, 1(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/18138

Issue

Section

Articles
Abstract views: 36 , PDF Downloads: 27