PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI KELUARGA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN SISWA KELAS XISMK NEGERI 1 JOMBANG

  • TRI ARIESKA KUSUMASTUTI

Abstract

Abstrak

Penggunaan animasi keluarga dalam pembelajaran mampu menumbuhkan motivasi belajar siswa dan sikap kemandirian siswa. Oleh sebab itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kualitas, efektivitas pengembangan animasi keluarga dan respon siswa terhadap penggunaan animasi keluarga.

Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu model pengembangan yang dikemukakan oleh Sadiman. Model ini terdiri dari 6 tahap yang meliputi: 1. Perumusan tujuan 2. Perumusan butir-butir materi 3. Perumusan alat pengukur keberhasilan 4. Penulisan naskah media 5. Tes uji coba 6. Revisi. Namun, penelitian

ini hanya sampai pada tahap tes uji coba. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa hasil pengembangan animasi keluarga memiliki kriteria sangat baik dan layak digunakan dalam pembelajaran kosakata bahasa Mandarin. Hal itu didukung dengan hasil penilaian dari ahli materi sebesar 93,94 % dan ahli media sebesar 83,33 %. Dimana kedua hasil berada pada skala yang sangat kuat dengan menggunakan perbandingan skala Likert. Kemudian hasil pengembangan animasi keluarga dinyatakan efektif digunakan dalam pembelajaran. Efektivitas tersebut diperoleh dari hasil uji coba terbatas yang dilakukan pada kelas XI SMK Negeri 1 Jombang. Nilai t (kelas uji coba) = 10.20 > t (5%,db = 33) 2,03 maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikansi antara nilai pre-test dan post-test pada pembelajaran kosakata pada materi anggota keluarga menggunakan animasi. Berdasarkan hasil analisis angket respon siswa animasi keluarga mendapatkan respon positif atau sangat kuat dengan presentase sebesar 97,38 % yang menyatakan bahwa penyajian materi animasi keluarga sudah sesuai dan memiliki animasi yang menarik sehingga mampu membangkitkan motivasi belajar siswa. Simpulan penelitian ini adalah animasi keluarga layak dan mampu meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Mandarin siswa kelas XI SMK Negeri 1 Jombang.

Kata Kunci: Animasi, Keluarga, Adobe Flash CS6.

Abstract

The of animation family in learning is able to improve students ''''motivation and attitude of students'''' independence. Therefore, this study was conducted in order to determine the quality, effectiveness animation development family and the students'''' response to the use of animation family.

The model development is used in this research is the development model proposed by Sadiman. This model consists of six stages which include: 1. Formulation 2. Formulation purposes particles of matter 3. Formulation of gauge success 4. Script writing media 5. Tests 6. Revision of the trial. However, this study only reached the stage of pilot tests.Based on the analysis, concludes that the results of the development of animation family has a very good criteria and eligible for used in learning Mandarin vocabulary. This is supported by the results of expert assessment of the material by 93.94% and 83.33% of media experts.Where both results are in a very strong scale using Likert scale comparison.Then the results of the development of animation family was declared effectively use in learning. The effectiveness is obtained from the limited testing performed on class XI SMKN 1 Jombang. Score T (class test) = 10:20> t (5%, db = 33) 2.03 so it can be concluded that there is a significant difference between the pre-test and post-test on vocabulary learning in matter of family members using animation.Based on analysis of student questionnaire, animated family get a positive response or a very strong with a percentage of 97.38% which states that the presentation of the material animated family was appropriate and has an interesting animation in order to improve students'''' motivation in learning. The conclusion of this study is the animated family worthy and able to increase knowledge of Mandarin vocabulary in class XI student of SMK Negeri 1 Jombang.

Keywords: Animation, Family, Adobe Flash CS6.

Published
2017-01-16
How to Cite
ARIESKA KUSUMASTUTI, T. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI KELUARGA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN SISWA KELAS XISMK NEGERI 1 JOMBANG. Jurnal Bahasa Mandarin, 2(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/18338
Section
Articles
Abstract Views: 52
PDF Downloads: 56