Abstract
ABSTRAK
PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN “MISTERI HANZI” DALAM PEMBELAJARAN KOSA KATA DAN MENYUSUN KALIMAT SEDERHANA BAHASA MANDARIN BAGI SISWA KELAS XI IPA SMA GIKI 2 SURABAYA
Nama Mahasiswa : Fransiska Sisilia
NIM :12020774214
Jurusan : S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Fakultas : Bahasa dan Seni
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Maria Mintowati, M. Pd
Tahun : 2017
Kata Kunci: Media misteri Hanzi, kosa kata, menyusun kalimat sederhana
Kosa kata digunakan sebagai dasar menyusun sebuah kalimat. Siswa menjadi lebih mudah dalam mempelajari bahasa Mandarin dengan mempelajari kosa kata. Ada empat keterampilan yang perlu dipahami siswa dalam mempelajari bahasa Mandarin. Salah satu keterampilan yang penting adalah dalam pembelajaran kosa kata dan menyusun kalimat sederhana yang masuk dalam kategori keterampilan menulis. Penggunaan media pembelajaran yang tepat dapat membantu siswa dalam memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru. Salah satu media yang dapat membantu siswa dalam pembelajaran kosa kata dan menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin adalah misteri Hanzi.
Penelitian ini menggunakan penelitian True Experimental Design dalam bentuk Pre-test Post-test Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA GIKI 2 Surabaya tahun ajaran 2016/2017, sedangkan sampel yang diteliti adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen. Untuk mengetahui keefektifan penggunaan media misteri Hanzi diperlukan analisis data. Data diperoleh dari lembar observasi, pre-test dan post-test, serta persentase angket respon siswa.
Hasil observasi menunjukkan pada pertemuan pertama didapatkan persentase penilaian sebesar 72,92%. Pada pertemuan kedua didapatkan persentase sebesar 93,7%. Penilaian pada lembar observasi menunjukkan peningkatan secara drastis dikarenakan observer sangat merasa antusias dengan penggunaan media misteri Hanzi dalam pembelajaran kosa kata dan menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin. Dari hasil perhitungan t-score, diperoleh t0 = 6,63 dan db =77. diketahui bahwa harga t lebih besar dari t tabel (6,67≥2,00). Dengan begitu, nilai t-hitung lebih besar dari t-kritik pada tabel ts0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa media permainan misteri hanzi yang diberikan pada kelas eksperimen mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pembelajaran kosa kata dan menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin kelas XI IPA 3 di SMA GIKI 2 Surabaya. Dibandingkan dengan kelas XI IPA 2 yang hanya menggunakan media power point dalam pelajaran bahasa Mandarin.
Dari angket yang diberikan, sebagian besar siswa menjawab setuju dengan penggunaan media misteri Hanzi dalam pembelajaran kosa kata dan menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin. Persentase yang didapatkan per butir soal di atas 80%. Dari persentase tersebut dapat diartikan bahwa siswa sangat merespon positif penggunaan media misteri Hanzi terhadap pelajaran kosa kata dan menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin. Penggunaan media misteri Hanzi juga terbukti dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran kosa kata dan menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin.
ABSTRACT
THE APPLICATION OF "MYSTERY HANZI" GAMES TO VOCABULARY LEARNING AND COMPOSING A SIMPLE SENTENCE OF MANDARIN LANGUAGE FOR STUDENTS IN CLASS 11 IPA OF GIKI 2 SENIOR HIGH SCHOOL SURABAYA
Name : Fransiska Sisilia
NIM : 12020774214
Course : Bachelor of Chinese Mandarin Language
Education
Faculty : Language and Art
Institution : State University of Surabaya
Advisor : Dr. Maria Mintowati, M. Pd.
Year : 2017
Keywords: mystery Hanzi media, vocabulary, composing simple sentence
Vocabulary was used as the basic to composing a sentence. The student will be easier to study mandarin language with vocabulary learning. There are four skills which were understood by students to study mandarin language. The important one is the skill to vocabulary learning and composing a simple sentence which were include into the category of writing skills. The media is very important in the process of study mandarin language. The use of proper media learning can help the students to understanding the lessons which were delivered by teachers. One of the media that can help students to vocabulary learning and composing a simple sentence of mandarin language is a mystery Hanzi games.
This research used True Experimental Design in the form of Pre-test Post-test Control Group Design method. The population in this research were students of grade XI IPA of GIKI 2 Senior High School period 2016/2017, whereas the sample of this research is a grade XI IPA 2 as the control and XI IPA 3 as the experimental. To determine the effectiveness of mystery Hanzi application as media, there were required data analysis. Data were obtained from the observation sheets, pre-test and post-test, as well as the percentage of student questionnaire responses.
The observations indicated that, at the first meeting the percentage of votes obtained by 72,92%. The second meeting as 93.7%. Assessment of the observation sheet shows a drastically increase because observer feel very excited with the used of mystery Hanzi games to vocabulary learning and composing a simple sentence. The conclusion of the t-score calculation, obtained t0 = 6.63 and db = 77. Note that the price of t greater than t table (6,67≥2,00). The value of t count is bigger than t-criticism on the table ts0,05. So it can be concluded that the mystery Hanzi games which were given for the experimental class has a significant influence on the vocabulary learning and composing a simple sentence of mandarin language in grade XI IPA 3 GIKI 2 Senior High School. Compared with grade XI IPA 2 which only used power point as media to study mandarin language.
From the questionnaire, the students are dominant agree with Mystery Hanzi games to vocabulary learning and composing a simple sentence. The percentage obtained by items above 80%. From these percentages, it mean that the students have positive response of Mystery Hanzi games usage to vocabulary learning and composing a simple sentence of mandarin language. The use of mystery Hanzi games also proven to improve students skills to vocabulary learning and composing a simple sentence of mandarin language.
??
??????“????”??XI?????GIKI 2????????????????
?? ?Fransiska Sisilia
?? ?12020774214
?? ?S1????
? ????????
?? ???????
?? ???????
?? ?Dr. Maria Mintowati, M. Pd.
?? ?2017?
??????????????????
??????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????“????”????????????????
?????????????????????????????????????XI??????GIKI 2??? 2017/ 2016????????????XI???2????XI???3????????????????????????????????????????????????????????????
?????????????????72,92????????????????93.7????????????????????????????????????????????????????????T?????????T0 = 6.63?db = 77????T????T????6,67≥2,00??????????t??????ts0,05 T-????????????????????“????”?????XI???3??GIKI 2?????????????????????XI???3?XI???2????????????????
????????????????????????????????????????80?????????????????????????????????????????????????????????????????????????????
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

