PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN “MISTERI HANZI” DALAM PEMBELAJARAN KOSA KATA DAN MENYUSUN KALIMAT SEDERHANA BAHASA MANDARIN BAGI SISWA KELAS XI IPA SMA GIKI 2 SURABAYA

  • FRANSISKA SISILIA

Abstract

ABSTRAK

 

PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN “MISTERI HANZI” DALAM PEMBELAJARAN KOSA KATA DAN MENYUSUN KALIMAT SEDERHANA BAHASA MANDARIN BAGI SISWA KELAS XI IPA SMA GIKI 2 SURABAYA

Nama Mahasiswa            : Fransiska Sisilia

NIM                                       :12020774214

Jurusan                                 : S1 Pendidikan Bahasa Mandarin

Fakultas                               : Bahasa dan Seni

Nama Lembaga                 : Universitas Negeri Surabaya

Pembimbing                       : Dr. Maria Mintowati, M. Pd

Tahun                                   : 2017

 

Kata Kunci: Media misteri Hanzi, kosa kata, menyusun kalimat sederhana

Kosa kata digunakan sebagai dasar menyusun sebuah kalimat. Siswa menjadi lebih mudah dalam mempelajari bahasa Mandarin dengan mempelajari kosa kata. Ada empat keterampilan yang perlu dipahami siswa dalam mempelajari bahasa Mandarin. Salah satu keterampilan yang penting adalah dalam pembelajaran kosa kata dan menyusun kalimat sederhana yang masuk dalam kategori keterampilan menulis. Penggunaan media pembelajaran yang tepat dapat membantu siswa dalam memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru. Salah satu media yang dapat membantu siswa dalam pembelajaran kosa kata dan menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin adalah misteri Hanzi.

Penelitian ini menggunakan penelitian True Experimental Design dalam bentuk Pre-test Post-test Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA GIKI 2 Surabaya tahun ajaran 2016/2017, sedangkan sampel yang diteliti adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen. Untuk mengetahui keefektifan penggunaan media misteri Hanzi diperlukan analisis data. Data diperoleh dari lembar observasi, pre-test dan post-test, serta persentase angket respon siswa.

Hasil observasi menunjukkan pada pertemuan pertama didapatkan persentase penilaian sebesar 72,92%. Pada pertemuan kedua didapatkan persentase sebesar 93,7%. Penilaian pada lembar observasi menunjukkan peningkatan secara drastis dikarenakan observer sangat merasa antusias dengan penggunaan media misteri Hanzi dalam pembelajaran kosa kata dan menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin. Dari hasil perhitungan t-score, diperoleh t0 = 6,63 dan db =77. diketahui bahwa harga t lebih besar dari t tabel (6,67≥2,00). Dengan begitu, nilai t-hitung lebih besar dari t-kritik pada tabel ts0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa media permainan misteri hanzi yang diberikan pada kelas eksperimen mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pembelajaran kosa kata dan menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin kelas XI IPA 3 di SMA GIKI 2 Surabaya. Dibandingkan dengan kelas XI IPA 2 yang hanya menggunakan media power point dalam pelajaran bahasa Mandarin.

Dari angket yang diberikan, sebagian besar siswa menjawab setuju dengan penggunaan media misteri Hanzi dalam pembelajaran kosa kata dan menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin. Persentase yang didapatkan per butir soal di atas 80%. Dari persentase tersebut dapat diartikan bahwa siswa sangat merespon positif penggunaan media misteri Hanzi terhadap pelajaran kosa kata dan menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin. Penggunaan media misteri Hanzi juga terbukti dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran kosa kata dan  menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

 

THE APPLICATION OF "MYSTERY HANZI" GAMES TO VOCABULARY LEARNING AND COMPOSING A SIMPLE SENTENCE OF MANDARIN LANGUAGE FOR STUDENTS IN CLASS 11 IPA OF GIKI 2 SENIOR HIGH SCHOOL SURABAYA

 

Name                    : Fransiska Sisilia

NIM                       : 12020774214

Course                  : Bachelor of Chinese Mandarin Language

Education

Faculty                  : Language and Art

Institution            : State University of Surabaya

Advisor                : Dr. Maria Mintowati, M. Pd.

Year                       : 2017

 

Keywords:  mystery Hanzi media, vocabulary, composing simple sentence

Vocabulary was used as the basic to composing a sentence. The student will be easier to study mandarin language with vocabulary learning. There are four skills which were understood by students to study mandarin language. The important one is the skill to vocabulary learning and composing a simple sentence which were include into the category of writing skills. The media is very important in the process of study mandarin language. The use of proper media learning can help the students to understanding the lessons which were delivered by teachers. One of the media that can help students to vocabulary learning and composing a simple sentence of mandarin language is a mystery Hanzi games.

This research used True Experimental Design in the form of Pre-test Post-test Control Group Design method. The population in this research were students of grade XI IPA of GIKI 2 Senior High School period 2016/2017, whereas the sample of this research is a grade XI IPA 2 as the control and XI IPA 3 as the experimental. To determine the effectiveness of mystery Hanzi application as media, there were required data analysis. Data were obtained from the observation sheets, pre-test and post-test, as well as the percentage of student questionnaire responses.

The observations indicated that, at the first meeting the percentage of votes obtained by 72,92%. The second meeting as 93.7%. Assessment of the observation sheet shows a drastically increase because observer feel very excited with the used of mystery Hanzi games to vocabulary learning and composing a simple sentence. The conclusion of the t-score calculation, obtained t0 = 6.63 and db = 77. Note that the price of t greater than t table (6,67≥2,00). The value of t count is bigger than t-criticism on the table ts0,05. So it can be concluded that the mystery Hanzi games which were given for the experimental class has a significant influence on the vocabulary learning and composing a simple sentence of mandarin language in grade XI IPA 3  GIKI 2 Senior High School. Compared with grade XI IPA 2 which only used power point as media to study mandarin language.

From the questionnaire, the students are dominant agree with Mystery Hanzi games to vocabulary learning and composing a simple sentence. The percentage obtained by items above 80%. From these percentages, it mean that the students have positive response of Mystery Hanzi games usage to vocabulary learning and composing a simple sentence of mandarin language. The use of mystery Hanzi games also proven to improve students skills to vocabulary learning and composing a simple sentence of mandarin language.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

摘要 

 

使用媒体游戏“汉字神秘”对第XI类科学高中GIKI 2泗水的学生的词汇和造简单句的教学

 

姓名      :Fransiska Sisilia

学号      :12020774214

专业      :S1汉语教育

系         :汉语言与文学系

学院      :语言艺术学院

大学      :泗水国立大学

导师      :Dr. Maria Mintowati, M. Pd.

年份      :2017年

 

关键词:汉字神秘媒体,词汇,造简单句

词汇使用于造简单句的基础。学握了词汇学生们更容易学汉语。学生在学习汉语需要明白四项技能。最重要的技能是汇和造简单句的教学是属于写作技能。媒体在学习汉语的过程中具有重要作用。使用合适的学习媒体可以帮助学生理解老师所提供的经验教训。媒体游戏“汉字神秘”可以帮助学生汇和造简单句的教学。

这个研究用真实验设计研究在表格测试前和测试后控制组设计。这项研究的人口是第XI类科学是高中GIKI 2泗水年 2017/ 2016的学生。而研究的样本是一XI类科学2控件类和XI类科学3作为实验班。要确定使用介质汉字神秘的有效性所需的数据分析。数据得来从观察表,预测试和检测后,还有学生的问卷答复的百分比。

观测表明,在第一次会议的获的相当于72,92%。在获得第二次会议的获得相当于93.7%。在观察表评估显示同比增长显着,由于观察家也觉得在学习构建汉语的汇和造简单句的教学非常热情与使用介质汉字神秘。T值计算的结论,获得T0 = 6.63和db = 77。注意,T的价格比T台上的(6,67≥2,00)更大。通过这样做,t的值数比上表ts0,05 T-批评大。因此,可以得出结论,使用媒体游戏“汉字神秘”的效能对第XI类科学3高中GIKI 2泗水的学生的汉语汇和造简单句的教学有能力。XI类科学3比XI类科学2只使用学习普通话媒体功率点更好。

从问卷调查结果,大多数学生来回答同意在汇和造简单句的教学利用汉字神秘媒体。由物品80%以上,所得到的百分比。从这些百分比可能意味着学生们积极响应利用媒体汉字神秘汇和造简单句的教学。利用汉字神秘媒体也证明能提高学生的技能汇和造简单句的教学。

Published
2017-05-04
How to Cite
SISILIA, F. (2017). PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN “MISTERI HANZI” DALAM PEMBELAJARAN KOSA KATA DAN MENYUSUN KALIMAT SEDERHANA BAHASA MANDARIN BAGI SISWA KELAS XI IPA SMA GIKI 2 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 2(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/18966
Section
Articles
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 57