PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WORD SQUARE TERHADADR PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS X MIPA 4 SMA MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2016-2017
Abstract
ABSTRAK
Pengaruh Penggunaan Media Word Square Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Mandarin Pada Siswa Kelas X MIPA 4 SMA Muhammadiyah 2 Surabaya Tahun Pelajaran 2016-2017
Nama Mahasiswa : Iswatin Sholihah
NIM : 13020774029
Prodi : Pendidikan Bahasa Mandarin
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Urip Zaenal Fanani, M.Pd.
Tahun :2017
Kata Kunci : Kosakata, Media Pembelajaran, Word Square
Salah satu kesulitan yang dialami siswa kelas X MIPA 4 SMA Muhammadiyah 2 Surabaya dalam pembelajaran Bahasa Mandarin adalah penguasaan kosakata. Hal ini dikarenakan Bahasa Mandarin dianggap kurang menarik untuk dipelajari. Oleh karena itu, media word square digunakan untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Mandarin siswa kelas X MIPA 4 SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Penelitian ini memiliki tiga rumusan masalah yaitu,
1) Bagaimana penerapan penggunaan media word square terhadap penguasaan kosakata bahasa Mandarin?
2) Bagaimana pengaruh penggunaan media word square terhadap penguasaan kosakata bahasa Mandarin?
3) Bagaimana respon siswa kelas X MIPA 4 SMA Muhammadiyah 2 Surabaya terhadap penggunaan media word square dalam pembelajaran kosakata bahasa Mandarin?
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan eksperimen dan menggunakan bentuk desain True eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surabaya, sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 4 SMA Muhammadiyah 2 Surabaya sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 7 SMA Muhammadiyah 2 Surabaya sebagai kelas kontrol.
Berdasarkan hasil analisis data, penelitian ini telah menjawab ketiga rumusan masalah sebagai berikut,
1) Penerapan penggunaan media word square pada kelas X MIPA 4 SMA Muhammadiyah 2 Surabaya menunjukkan bahwa proses pembelajaran sudah berjalan baik. Pada pertemuan pertama aktivitas guru mendapatkan persentase 83,82% dan untuk aktivitas siswa 80,55% yang menunjukkan kategori sangat baik. Pada pertemuan kedua aktivitas guru mendapatkan persentase 75% dan aktivitas siswa 75% dengan kategori baik. Hal ini menunjukkan adanya penurunan dari hari pertama ke hari kedua. Hal ini disebabkan pada pertemuan kedua banyak siswa yang belum mengerti kosakata baru yang diberikan oleh guru, siswa merasa kesulitan pada awal jam pelajaran..
2) Berdasarkan hasil analisis data tes siswa tentang pengaruh penggunaan media word square diperoleh Mpre=48,77 dan Mpost = 83,03. Harga t0= 4,26 dan db = 56, selanjutnya dikonsultasikan dengan melihat nilai tabel taraf 5%. Dengan harga t0 = 4,26 dan db = 56, diketahui bahwa harga ts 0,05 = 1,67 menunjukkan t lebih besar dari t tabel (1,67<4,26). Harga t0 signifikansi.
3) Berdasarkan hasil analisis angket respon yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa media word square dalam pembelajaran kosakata Bahasa Mandarin sangat efektif. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai persentase pada setiap aspek angket respon siswa yaitu pada aspek ketertarikan media word square diperoleh sebesar 79,84%, aspek proses pembelajaran 78,22% dan 80,64%, dan pada aspek efektivitas penggunaan media word square diperoleh sebesar 79,03%, 78,23%, 72,58%, 68,55%, 76,61%, 74,19%, dan 79,03%.
ABSTRACT
THE INFLUENCE OF THE USE WORD SQUARE MEDIA FOR MASTERING MANDARIN VOCABULARIES TO THE FIRST GRADE STUDENTS OF MUHAMMADIYAH 2 SENIOR HIGH SCHOOL SURABAYA ACADEMIC YEAR 2016-2017
Name : Iswatin Sholihah
NIM : 13020774029
Course : Bachelor Of Chinese Language Education
Faculty : Languages and Arts
Instution : Surabaya State University
Advisor : Dr. Urip Zaenal Fanani, M.Pd.
Year : 2017
Keyword : Vocabularies, Media Education, Word Square
Vocabulary mastery becomes the difficulties faced by the MIPA X grader of SMA Muhammadiyah 2 Surabaya in learning Mandarin language. Accordingly, Mandarin language is consideraby not interesting to learn. Therefore words square is applied to improve X grader student vocabulary mastery in SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Three research questions were then existed in the study
1) How is the use of word square applied towards the mandarin language vocabulary mastery?
2) How is the effect of using the words square to wards the mandarin language vocabulary mastery?
3) How does X grades student of MIPA 4 in SMA Muhammadiyah 2 Surabaya respond in the use of word square in mandarin language vocabulary learning ?
Qualitatif study was applied with the experimental as design and approach. The population of the study was the X grader of SMA Muhammadiyah Surabaya. While the sample of the study was X grade of MIPA 4 students of SMA Muhammadiyah 2 Surabaya as the experimental class and X grade of MIPA 7 of SMA Muhammmadiyah 2 Surabaya as the control class.
Based on the data analysis, the study has answered the three questions as it that follows,
1) Observations result of the teachers activities showed a very good category at the first meeting with score 83.82%, and in the teachers activities at the second meeting with a score 75%. The results of the data analysis student activity observation showed very good category at the first meeting with a score 80.55%, and a second meeting with a score 75%.
2) Based on the results of data analysis an increase in the value of the experimental class (X MIPA 4). price t0 = 4.26 and db = 56, it show that the price of ts 0.05 = 1.67 indicates t greater than t table (1.67 <4.26), suggesting that the application of the word media square significant influence to the vocabulary of Mandarin class X MIPA 4 SMA Muhammadiyah 2 Surabaya.
3) Based on the analysis of poll responses of students to the use of Words Square in vocabulary mastery of Mandarin language. Based on the results of the poll, word square get 79,84% respond. Students find it by using word square, learning become so much fun 78,22% and 80,64%, and 79,03%, 78,23%, 72,58%, 68,55%, 76,61%, 74,19%, dan 79,03% students get better in mastery vocabulary Mandarin language by using the word square.
PDF Downloads: 48