PENGGUNAAN MEDIA BUKU HARIAN DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS XII IBB 1 SMA AL-ISLAM KRIAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

  • HANGKIK INDAH LESTARI

Abstract

ABSTRAK

PENGGUNAAN MEDIA BUKU HARIAN DALAM PEMBELAJARAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS XII BAHASA 1 SMA AL – ISLAM KRIAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

 

Nama Mahasiswa            : Hangkik Indah Lestari

NIM                                       : 13020774001

Jurusan                                 : Bahasa dan Sastra Mandarin

Nama Lembaga                 : Universitas Negeri Surabaya

Pembimbing                       : Dr. Subandi, M.Litt

Tahun                                   : 2017

Kata Kunci          : Penggunaan, Buku Harian, Karangan Sederhana

Kemampuan menulis dalam pembelajaran bahasa asing sangat penting dalam menunjang pembelajaran bahasa. Komponen menulis merupakan komponen yang sulit, salah satunya dalam pembelajaran bahasa asing khususnya bahasa Mandarin, karena siswa dituntut untuk menguasai unsur-unsur kebahasaan seperti kosakata, ejaan, koherensi antarkalimat dan gramatikal. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penggunaan media buku harian, kefektifan penggunaan media buku harian, dan respon siswa terhadap pembelajaran menulis karangan sederhana bahasa Mandarin.

Penelitian ini merupakan penelitian gabungan antara penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan jenis rancangan true experimental design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa XII IBB SMA Al – Islam Krian Tahun Pembelajaran 2016/2017. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas XII IBB 1 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 28 siswa dan XII IBB 2 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 26 siswa.

Hasil observasi menunjukkan bahwa pembelajaran pada kelas eksperimen dengan menggunakan media buku harian dalam pembelajaran menulis karangan sederhana bahasa Mandarin sudah berjalan dengan baik dengan perolehan persentase sebesar 97,5%. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa selama kegiatan belajar mengajar dikelas eksperimen guru telah melaksanakan pembelajaran dengan sangat baik dan siswa sangat antusias dengan pembelajaran bahasa Mandarin yang diberikan oleh guru.

Dari analisis data hasil belajar siswa diperoleh t0 = 2,2 dan db = 52. Selanjutnya dikonsultasikan dengan melihat tabel taraf 5%. Dengan harga t0 = 2,2 dan db = 52, maka diketahui bahwa harga ts 0,05 = 2,00 menunjukkan t lebih besar dari t tabel (2,00 < 2,2). Harga t0  signifikan pada kelas kontrol mengalami peningkatan sebesar 20,3%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan yang signifkan antara kelas eksperimen yang menggunakan media buku harian dalam pembelajaran.

Berdasarkan hasil analisis angket respon siswa yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa media buku harian dalam pembelajaran menulis karangan sederhana bahasa Mandarin sangat efektif dalam pembelajaran bahasa Mandarin. Dari 26 siswa sebesar 94,2% yang menyatakan pembelajaran menulis karangan sederhana bahasa Mandarin dengan menggunakan media buku harian sangat mudah untuk dipahami oleh siswa. Sebesar 85% yang menyatakan pembelajaran menulis karangan sederhana bahasa Mandarin dengan menggunakan media buku harian mempermudah siswa dalam proses pembelajaran. Sebesar 88,3% yang menyatkan pembelajaran menulis karangan sederhana bahasa Mandarin dengan menggunakan media buku harian sangat efektif dan membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran dan menuangkan ide-ide siswa dalam karangan sederhana bahasa Mandarin. Sebesar 86% yang menyatakan pembelajaran menulis karangan sederhana bahasa Mandarin dengan menggunakan media buku harian membuat siswa sangat tertarik dan membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran menulis karangan sederhana bahasa Mandarin. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa terarik dalam pembelajaran dengan menggunakan buku harian dan mengalami peningkatan hasil belajar terhadap kemampuan menulis karangan sederhana bahasa Mandarin pada siswa kelas XII IBB 1 SMA Al – Islam Krian.

ABSTRACT

The Usage of Diary Media on Simple Essay of Mandarin Learning towards Students in XII IBB 1 of SMA Al-Islam Krian 2016/2017

 

Name                    : Hangkik Indah Lestari
NIM                       : 13020774001
Major                     : Chinese Language Education
Faculty                 : Language and Art
University            : State University of Surabaya
Advisor                : Dr. Subandi, M.Litt

Year                       : 2017

Keywords: Usage, Diary Media, Simple Essay

The ability to write in a foreign language learning is very important in supporting language learning. Component writes a hard component, one of them in learning a foreign language, especially Mandarin, because students are required to master the linguistic elements such as vocabulary, spelling, and grammatical coherence between sentences. This research was conducted in order to determine the students responses to learning to write a simple essay of Mandarin.

This research is a combination of qualitative research and quantitative research. Type of design uses a true experimental design . The population is SMA Al – Islam Krian. The samples in this research is class XII IBB 1 as the control class and XII IBB 2 as the experimental class.

The result of observation shows that the learning in experimental class using the diary media in learning of writing simple essay of Mandarin has been running well with percentage acquisition of 97.5%. It can be concluded during the teaching and learning activities in class experiments teachers have implemented the learning very well and students are very enthusiastic with Mandarin language learning provided by the teacher.

Based on the data analysis, get t0 = 2.2 and db = 52. Then consulted with saw table level of 5%. With the price of t0 = 2.2 and db = 52, it is known that the price of ts 0.05 = 2.00 indicates t greater than t table (2.00 <2.2). T0 price significantly in the control group increased by 20.3%. It can be concluded that the differences between the experimental class are significantly the use of  diary media in learning.

Based on the analysis conducted student questionnaire responses can be concluded that the media diary in learning Chinese essay writing simple very effective in learning Mandarin. 94.2% of students stating a simple essay writing learning Chinese language by using diary media is very easy to be understood by students. Around 85% said learning to write a simple essay using the Chinese language diary media facilitate students in the learning process. Amounted to 88.3% said which  simple essay writing learning Chinese language by using diary media is very effective and makes students more active in learning and expressing ideas simple essay of students in Mandarin. 86% stating a simple essay of learning to write Chinese using diary media makes students very interested and make students more active in learning to write a simple essay Mandarin. It can be concluded more interested  in learning by using a diary media and increased learning outcomes to the ability to write a simple essay Chinese students in XII IBB 1 SMA Al - Islam Krian.

 

Published
2017-05-09
How to Cite
INDAH LESTARI, H. (2017). PENGGUNAAN MEDIA BUKU HARIAN DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS XII IBB 1 SMA AL-ISLAM KRIAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 2(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/19179
Section
Articles
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 22