PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS XII BAHASA SMA AL-ISLAM KRIAN TAHUN AJARAN 2016-2017

  • CHOIRUN NISYA

Abstract

Abstrak

Penguasaan kosakata adalah hal yang sangat penting dalam suatu pembelajaran bahasa. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengatasi kesulitan dalam penguasaan kosakata bahasa Mandarin pada siswa kelas XII Bahasa SMA Al-Islam Krian. Penelitian ini menerapkan model pembelajaran circuit learning yaitu model pembelajaran yang menekankan pada pola penambahan dan pengulangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran circuit learning, untuk mengetahui keefektifan penggunaan model pembelajaran circuit learning, dan untuk mengetahui respon siswa kelas XII Bahasa SMA Al-Islam Krian terhadap pembelajaran penguasaan kosakata bahasa Mandarin dengan menerapkan model pembelajaran circuit learning.

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian Quasi Exprimental Design yang berbentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Al-Islam Krian tahun ajaran 2016-2017 dengan sampel seluruh siswa kelas XII Bahasa SMA Al-Islam Krian, XII IBB 1 sebagai kelas kontrol dan XII IBB 2 sebagai kelas eksperimen.

Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh perhitungan perbedaan hasil t0=1,45 dan db=52, selanjutnya dikonsultasikan dengan melihat nilai tabel taraf 5%. Dengan harga t0=1,45 dan db=52, maka diketahui bahwa harga ts=0,05=2,00 menunjukkan bahwa t0 lebih kecil dari t tabel (1,45<2,00). Dengan begitu menunjukkan bahwa harga t0 signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran circuit learning memberikan pengaruh yang positif terhadap pembelajaran penguasaan kosakata bahasa Mandarin pada siswa kelas XII Bahasa SMA Al-Islam Krian.

Berdasarkan analisis dari angket respon siswa diketahui bahwa penerapan model pembelajaran circuit learning sangat efektif dan cocok digunakan dalam pembelajaran penguasaan kosakata bahsa Mandarin.

Kata kunci : model pembelajaran, circuit learning, kosakata

Abstract

Mastering vocabulary is very important in a language learning. This study was conducted to overcome some difficulties in the mastering Chinese vocabulary for XII grade of SMA Al-Islam Krian students. This research applies circuit learninglearning model which emphasizes on addition and repetition pattern. The purpose of this research is to describe the implementation ofcircuit learning model, to know the effectiveness of using learning circuit learning model in learning Chinese vocabulary, and to know the students’ respondsin XII grade of SMA Al-Islam Krian in order to mastering Chinese vocabulary by applying circuit learning model.

This research is quantitative research using Quasi Exprimental Design research design which is in the form of Nonequivalent Control Group Design. The population in this study is all students of XII class in SMA Al-Islam Krian academic year 2016-2017 with sample of all students of XII language class in SMA Al-Islam Krian, XII IBB 1 as control class and XII IBB 2 as experiment class.

Based on data analysis, there is difference calculation in  result which is t0=1.45 and db=52, then it was consulted by looking at the value table 5%. With the price t0=1.45 and db=52, it is known that the price t0=0.05=2.00 indicates that t0 is smaller than t table (1.45<2.00). Thus, it shows that the t0price is significant which gives the significant difference of the test value between the experimental class and the control class. This shows that the application of circuit learninglearning model gives a positive influence on mastering Mandarin vocabulary in XII grade students of SMA Al-Islam Krian.

Based on the analysis of student’s response questionnaire, it is known that the application ofcircuit learning model is very effective and suitable for learning Chinese vocabulary.

Keywords : learning model, circuit learning, vocabulary


Published
2017-05-12
How to Cite
NISYA, C. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS XII BAHASA SMA AL-ISLAM KRIAN TAHUN AJARAN 2016-2017. Jurnal Bahasa Mandarin, 2(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/19340
Section
Articles
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 50